Pemerintah Inggris Dukung Perkembangan Mobil Otonom Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pemerintah Inggris Dukung Perkembangan Mobil Otonom

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 29 November 2016

Foto: Jaguar uji coba mobil otonom

LONDON - Pemerintah Inggris secara resmi telah menunjukkan dukungannya terhadap pengembangan mobil listrik dan bergerak otomatis (otonom). Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar 390 juta poundsterling (US$ 484 juta) atau setara dengan Rp 6,5 triliun.

Demikian disampaikan oleh Philip Hammond, Menteri Keuangan Inggris dilansir carscoops.

"Melalui dana tersebut, kami ingin membangun kendaraan low-emission dan mengembangkan teknologi mobil otonom dengan kompetitif," tutur Philip Hammonds.

Selanjutnya dana tersebut untuk membangun banyak infrastuktur guna percepatan mobil listrik dan otonom serta mendanai perusahaan otomotif yang saat ini tengah mengembangkan di dua bidang itu.

Salah satu perusahaan otomotif yang beruntung mendapat dukungan pemerintah Inggris adalah Jaguar Land Rover. Penujukkaan produsen ini karena diklaim paling terdepan dalam mengembangkan teknologi otonom.

Hal tersebut telah dibuktikan dengan adanya pengujian mobil otonom dan sistem kendaraan terkoneksi di beberapa jalan raya Inggris. Selain itu, Jaguar Land Rover telah memastikan akan memasarkan mobil listrik pertamanya yaitu Jaguar I-Pace.

Pemerintah Inggris sendiri menyakini pada 2025, mobil bergerak otomatis kian banyak digunakan sehingga nilainya akan mencapai US$ 1,1 triliun di seluruh dunia. [Amo/Ikh]


Komentar