Pilar Mobil Jaguar Land Rover Bisa Menghilang Share this

Pilar Mobil Jaguar Land Rover Bisa Menghilang

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 15 Desember 2015

LONDON - Selain mengembangkan mobil otonom (bergerak sendiri), Jaguar Land Rover juga mengembangkan mobil dengan pilar transparan. Penemuan baru ini diakui bisa menekan angka kecelakaan di jalan. Sebab pengendara diberi pandangan terbaik dari dalam kendaraan.

Cara kerja teknologi ini dengan menggunakan ‘Heads-Up Display’ yang memberikan informasi ke mata pengendara, bukan pilar mobil yang tiba-tiba menghilang dari pandangan seperti yang Anda bayangkan.

Bagian paling penting dari teknologi ini adalah tersematnya kamera di bagian luar mobil. Kamera tersebut akan membaca daerah blind spot yang biasanya terjadi di daerah pilar A, B dan bahkan C.

Jaguar Land Rover mengklaim, dengan teknologi tersebut pejalan kaki, pengendara sepeda, kendaraan lain di sekitar mobil akan terpantau lewat tampilan layar yang tiba-tiba timbul di dalam mobil. Canggihnya lagi, ketika sopir menentukan akan mengubah arah, menggerakkan kepala mereka bahkan menyalip, sistem secara otomatis akan membaca pergerakan di samping mobil dengan cepat. Otomatis pengendara lebih cepat memantau setiap pergerakan di luar mobil.

“Tujuan utama kami adalah untuk mengurangi kecelakaan di jalan dan meningkatkan pengalaman berkendara di perkotaan. Tim peneliti Jaguar Land Rover sedang mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan visibilitas dan memberikan driver dengan informasi yang tepat pada waktu yang tepat,” kata Dr Wolfgang Epple, Direktur Riset dan Teknologi, Jaguar Land Rover.

Dia menegaskan, teknologi ini tidak akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Namun sebaliknya, pengemudi membuat keputusan yang lebih baik ketika berada di jalan.

JLR juga mengembangkan "Follow-MeGhost Car Navigation". Fitur ini akan menampilkan mobil bayangan di depan yang akan menuntun ke lokasi tujuan. Teknologi tersebut salah satu bagian dari teknologi masa depan JLR demi menekan angka kecelakaan. [Ikh/Idr]


Komentar