Nico Rosberg Bersalah dan Turun ke Posisi Ketiga Share this
F1
Mode baca

Nico Rosberg Bersalah dan Turun ke Posisi Ketiga

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 11 Juli 2016

Foto: Nico Rosberg turun ke posisi ketiga pada balapan GP Inggris 2016.

SILVERSTONE - Nico Rosberg akhirnya dihukum penalti 10 detik dan posisinya turun ke urutan ketiga akibat berkomunikasi dengan tim via radio saat balapan GP Inggris 2016 di Sirkuit Silverstone, Minggu malam (10/7).

Awalnya Rosberg finish di urutan kedua, atau di belakang rekan satu timnya di Mercedes, Lewis Hamilton. Penalti tersebut berimbas pada naiknya pembalap Red Bull Max Verstappen ke posisi kedua.

"Setelah mempertimbangkan masalah, Steward memutuskan bahwa tim telah memberikan instruksi kepada pebalap yang secara spesifik diperbolehkan di dalam Pengarahan Teknis 014-16," kata FIA dalam pernyataan tertulis.

"Namun, Stewards menemukan bahwa tim telah memberikan instruksi kepada pembalap yang tidak diizinkan dalam Pengarahan Teknis (Technical Directive), dan merupakan pelanggaran pasal 27.1 dalam Regulasi Balapan, di mana pembalap harus mengemudikan mobilnya sendirian dan tanpa bantuan."

Rosberg mengalami masalah dengan gearbox mobilnya pada lap ke-47. Pembalap Jerman ini pun mendapatkan saran dari timnya via radio untuk menghindari gigi tujuh. Akibat komunikasi dengan tim, Rosberg dinyatakan bermasalah.

Rencananya pihak Mercedes berniat untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. Penalti ini membuat rekan satu timnya Lewis Hamilton hanya selisih satu poin di belakang pembalap Rosberg (168). [Ikh/Idr]


Komentar