Nicky Hayden Pemilik Abadi Nomor 69 Share this
MotoGP
Mode baca

Nicky Hayden Pemilik Abadi Nomor 69

Ary Dwinoviansyah
pada 26 Januari 2019

MADRID - Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports akan mencabut nomor 69 dari kejuaraan tersebut dan prosesinya akan berlangsung saat perhelatan MotoGP Amerika Serikat.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan MotoGP kepada mendiang Nicky Hayden. The Kentucky Kid akan menjadi pemilik abadi nomor 69, dengan begitu tak akan ada satu pembalap pun yang bisa menggunakan angka itu untuk balapan.

Sejak berkarir di MotoGP pada 2003, nomor itu tak lepas dari motornya hingga Hayden  menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya di musim 2006. Selain itu, angka tersebut juga rupanya turunan dari sang ayah.

"Buat saya, ini sangat spesial karena 69 ada nomor yang saya pakai ketika masih balapan dan saya juga sangat bangga karena Nicky menggunakannya di tempatnya berkompetisi (MotoGP)," kata Earl Hayden.

Earl juga menyatakan sangat berterima kasih kepada Dorna atas apresiasi ini. Menurutnya, ini adalah sebuah kehormatan besar sekaligus menjadi bentuk dukungan selama masa-masa sulit pihak keluarga Hayden.

"Saya bangga mengumumkan bahwa nomor 69 akan ditaraik dari kompetisi MotoGP. Hayden adalah salah satu pembalap terhebat di paddock dan orang yang fantastis di luar trek. 69 miliknya akan identik dengan legenda dan juara," tutur Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports.

Sementara itu, jadwal penarikan nomor 69 itu akan dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Austin, 14 April 2019 mendatang. Selama karirnya, Hayden pernah menjuarai tiga balapan (satu kali musim 2005 dan dua kali di 2006).

Ia menyudahi karirnya di MotoGP pada 2015 dan mencoba peruntungan di balap WSBK. Namun, sepak terjangnya terhenti di 2017. Pada 22 Mei 2017, Hayden meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan ketika berlatih sepeda di sekitaran Sirkuit San Marino, Italia. [Ary/Ari]


Komentar