MotoGP Siap Gelar Balap Motor Listrik

MotoGP
MotoGP Jerez 2017

MADRID – Dorna selaku penyelenggara MotoGP akan menghadirkan balap motor listrik pada 2019.

Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports menilai kendaraan listrik akan memiliki peran penting di masa depan. Formula E Championship merupakan salah satu kompetisi mobil balap listrik pertama berstandart internasional menjadi salah satu latar belakang keputusan tersebut dibuat.

Selain kompetisi tersebut, mobil balap listrik juga telah digunakan di kompetisi Pikes Peak International Hill Climb dan Isle of Man TT. Dengan banyaknya kompetisi mobil balap listrik, Dorna Sport melakukan inovasi di segmen balap roda dua.

Ezpeleta menuturkan bahwa telah menyiapkan 5 seri MotoGP listrik yang akan mulai digelar pada 2019.

“Proyek ini akan terus berkembang. Pada 2019 kami akan menghadirkan beberapa balapan pendukung untuk MotoGP di Eropa. Kami telah menerima 4 penawaran dari beberapa brand motor. Jika kompetisi ini sudah siap, motor balap yang digunakan harus sama dengan minimal 10 lap,” tutur Carmelo Ezpeleta.

Beberapa produsen motor yang selama ini telah mengikuti MotoGP baik itu dari pabrikan maupun swasta harus segera menyiapkan motor balap listrik. Keempat brand yang telah melakukan penawaran telah menyiapkan total 18 unit motor balap.

Motor balap listrik yang diikutsertakan diwajibkan dapat melaju hingga kecepatan 200 kpj dan menggunakan panel matahari untuk mengisi tenaga kendaraan. Dengan adanya panel matahari, sumber tenaga motor listrik akan terus terisi dan mampu menghadirkan kompetisi yang sengit. [Amo/Ikh]

Comments