Selamatkan Tim Satelit MotoGP, Dorna akan Guyur Dana Besar Share this
MotoGP
Mode baca

Selamatkan Tim Satelit MotoGP, Dorna akan Guyur Dana Besar

Denny Basudewa
pada 06 April 2020

Foto: MotoGP

MADRID – Dorna selaku penyelenggara MotoGP akan mengucurkan dana sekita Rp 160 miliar, dalam rangka menyelamatkan tim-tim satelit dari kebangkrutan.

Dorna Sports menawarkan paket bantuan untuk enam tim satelit di MotoGP meliputi LCR Honda, Pramac Ducati, Petronas SRT, Tech3 dan Gresini Aprilia. Bantuan ini juga ditawarkan kepada tim-tim di Moto2 dan Moto3. Aprilia merupakan pengecualian karena tim tersebut dijalankan sepenuhnya oleh Gresini.

Setiap tim satelit di MotoGP, akan mendapat dana bantuan sekitar Rp 160 miliar untuk bertahan hidup hingga tiga bulan ke depan. Seperti diketahui bahwa jadwal MotoGP berantakan akibat pandemi global virus corona (covid-19). Dengan situasi beberapa negara yang melakukan lockdown, ajang balap motor MotoGP terus mengalami penundaan.

Tercatat sudah 6 seri MotoGP 2020 mengubah jadwal balap hingga membatalkannya. Seri pembuka di Qatar hanya menampilkan Moto2 dan Moto3 saja. Lalu Thailand, Amerika Serikat, Argentina, Spanyol, dan baru-baru ini Perancis mengumumkan perubahan jadwal.

Jika tidak ada aral melintang, MotoGP 2020 akan diselenggarakan pada akhir Mei di Mugello, Italia. Namun hal ini juga masih belum pasti, karena Italia merupakan salah satu negara yang paling banyak terdampak oleh corona.

Tim-tim Moto2 dan Moto3 dianggap lebih kuat dalam hal pendanaan karena disokong banyak sponsor. Moto2 terdapat 15 tim yang ikut bertarung, sementara Moto3 diramaikan oleh 16 tim. Meskipun dianggap lebih stabil, namun Dorna juga menyiapkan dana sekitar Rp 442 juta untuk setiap tim. [Dew/Idr]


Komentar