Fakta-fakta Menarik MotoGP 2016

Fakta-fakta Menarik MotoGP 2016
Fakta-fakta Menarik MotoGP 2016

JAKARTA – MotoGP 2016 menyodorkan banyak keseruan dari masing-masing pembalap. Beragam fakta menarik menghiasi jalannya balapan hingga akhirnya pembalap Repsol Honda, Marc Marquez mengunci titel juara dunia MotoGP 2016.

Pembalap asal Spanyol itu bersusah payah merebut juara MotoGP 2016. Tidak hanya The Baby Alien -julukan Marquez-, pembalap lainnya tak kalah seru untuk diikuti. Penasaran dengan aksi pembalap selama musim ini, berikut fakta menarik tentang MotoGP 2016 mengutip crash.net.

1. Maverick Vinales berhasil membawa Suzuki naik podium

Maverick Vinales, rider tim Suzuki Ecstar sukses mengamankan podium puncak saat mengaspal di Sirkuit Silverstone, Inggris. Ia mengaku senang, karena kemenangan itu

merupakan sejarah baru bagi Suzuki di MotoGP. Suzuki terakhir kali memenangkan balapan di kelas para raja tersebut pada 2007 melalui pembalapnya Chris Vermuelen.

2. Cal Crutchlow menang di MotoGP Ceko 2016

Cal Cutchlow akhirnya menunjukkan kualitasnya seri MotoGP Ceko 2016, Ia berhasil mengasapi Valentino Rossi dan memberi perlawan pada Marc Marquez. Cal Crutchlow adalah salah satu dari empat pengendara untuk Honda musim ini.

Kemenangannya di Ceko adalah yang pertama untuk rider asal Inggris sejak Barry Sheene pada 1981. Keberhasilan Crutchlow tak lepas dari seting ECU baru guna mengimbangi pe,balap non satelit.

3. Rossi bersalaman dengan Marc Marquez di Catalunya

Mengawali balapan seri MotoGP Catalunya 2016 dari posisi kelima, pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi berhasil keluar sebagai pemenang. Pembalap asal Italia itu sempat berduel sengit dengan Marc Marquez pada dua lap terakhir.

Setelah berakhirnya balapan, Rossi dan Marquez terlihat berjabat tangan. Pandangan menarik ini terjadi untuk pertama kalinya sejak Oktober 2015.

4. Duo Ducati naik podium di Austria

Andrea Iannone berhasil pole position pada MotoGP Austria 2016. Hasil yang diraih oleh Iannone di sirkuit Red Bul Ring ini merupakan yang pertama bagi Ducati sejak 1997.

Sementara rekan satu timnya, Andrea Dovizioso finish posisi ketiga atau di belakang Valentino Rossi. Artinya untuk pertama kali dua pembalap Ducati secara bersamaan naik ke atas podium.

5. Marc Marquez bermain aman di MotoGP Assen 2016.

Marquez mengamankan posisinya dengan membiarkan Jack Miller meraih kemenangan perdananya di MotoGP setelah menang di MotoGP Assen 2016. Sementara pembalap Spanyol tersebut menyelamatkan diri dengan finish di posisi kedua.

Penyebabnya adalah karena kondisi lintasan basah akibat diguyur hujan deras. Dengan finish di posisi kedua pun Marquez masih unggul poinnya dari Valentino Rossi. [Ikh]

Comments