Uji Coba Panel Instrument MotoGP Bisa Terima Pesan akan Rampung Tahun Ini Share this
MotoGP
Mode baca

Uji Coba Panel Instrument MotoGP Bisa Terima Pesan akan Rampung Tahun Ini

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 12 Oktober 2016

Foto: Panel Instrument di motor MotoGP

MOTEGI - Wacana pemasangan panel instrumen di motor MotoGP yang bisa menerima pesan terus berkembang. Jika tidak ada aral melintang, virtual boarding tersebut akan menjalani uji coba selama free practice di sirkuit Twin Ring Motegi Jepang, dan rampung sebelum musim balap tahun ini berakhir.

Kepastian ini setelah Race Director MotoGP, Mike Webb melihat adanya potensi bahwa alat tersebut membantu setiap pebalap dalam berkomuninasi dengan tim. Alat tersebut sebelumnya telah menjalani uji coba di Aragon.

"Uji coba ini (akan selesai) sebelum musim 2016," jelas Webb.

Ia menjelaskan, jika hasilnya baik dan sistem komunikasi antara pebalap dan tim terbukti berhasil, besar kemungkinan virtual boarding akan diberikan lampu hijau mulai musim depan. Namun Webb menegaskan, fitur baru itu tidak untuk semua kelas MotoGP.

"Tetapi tentu saja tidak diterapkan di seluruh kelas. Ini adalah proyek musim dingin dengan uji coba sebelum akhir musim untuk memastikan kami berada di jalur yang tepat," tegas Webb.

Nantinya panel instrumen yang ada hadapan pebalap akan menginformasikan layaknya pitboard meliputi catatan waktu, jarak antar pembalap, informasi mengganti motor ketika ada perubahan cuaca ekstrim dan bahkan lebih dari itu.

Saat ini IRTA (International Roadracing Teams Association) masih menunggu tim MotoGP terkait daftar pesan apa saja yang akan masuk dalam fitur baru tersebut. Menurut Webb, IRTA dan komite IRTA telah meminta semua tim untuk mengusulkan apa pesan yang ingin mereka gunakan dan tentunya harus sangat berguna.

Informasi melalui panel instrumen ini salah satu bentuk kemajuan MotoGP. Keuntungan dari alat tersebut bisa menjadi alat menyampai informasi dengan cepat ketika motor mengalami masalah di tengah sirkuit, sementara itu pebalap tidak perlu harus mencapai garis start untuk membaca informasi penting pada pitboard yang terpampang. [Ikh]

Sumber: Crash.net


Komentar