Arc Vector Motor Listrik Canggih, Harga Nyaris Rp 2 Miliar Share this
Motor Baru
Mode baca

Arc Vector Motor Listrik Canggih, Harga Nyaris Rp 2 Miliar

Denny Basudewa
pada 09 November 2018

Foto: Arc Vector

MILAN – Arc Vector hadir untuk pertama kalinya di hadapan publik pada ajang EICMA 2018.

Motor listrik garapan Arc yang mendapat suntikan dana dari InMotion Ventures, Jaguar Land Rover, merupakan kendaraan pertama yang menggunakan Human Machine Interface (HMI). Hal ini membuat Arc Vector menjadi motor listrik paling canggih di dunia.

Arc sendiri didirikan oleh Mark Truman yang merupakan mantan Kepala Divisi Jaguar White Space. Divisi yang dipimpin oleh Truman ini dikenal kerap melahirkan ide-ide gila seputar otomotif. Ide gilanya kali ini kemudian menjadi sebuah motor litrik canggih bernama Vector.

Arc Vector dibekali dengan baterai berkapasitas 95 kW. Outputnya dikatakan bisa membuat kendaraan ini melesat secepat 241 km/jam. Layaknya kendaraan listrik pada umumnya, torsi yang besar menjadi salah satu keunggulannya.

Akselerasi Arc Vector 0 hingga 100 km/jam dikatakan hanya membutuhkan waktu 2.7 detik. Sementara baterainya mampu memberi daya kendaraan untuk menempuh jarak 193 kilometer di jalan bebas hambatan. Sementara di perkotaan mencapai 274 kilometer.

Baterai yang digunakan oleh motor listrik tersebut merupakan paling canggih dan inovatif. Bobot benda ini dikatakan lebih ringan 25 persen dibandingkan kompetitor terdekatnya.

“Sel baterai yang kami gunakan masih prototipe. Tidak akan ada sepedamotor listrik yang bisa membuat baterai seperti milik kami,” ujar Truman.

Menjadi unik karena motor ini dirancang sangat berbeda dari sepedamotor listrik pada umumnya. Rangkanya dibuat dengan menggunakan bahan karbon fiber dengan desain monokok. Bahan baku yang super ringan tersebut juga disematkan pada swingarm.

Urusan keamanan dan handling, Arc Vector mempercayakan kepada Ohlins dan Brembo. Sehingga walau dipacu kencang, motor ini tetap aman dan nyaman.

Motor ini merupakan kendaraan yang hanya diproduksi secara terbatas. Disebutkan Arc Vector hanya akan diproduksi sebanyak 355 unit. Hal ini tentunya akan menarik perhatian para kolektor motor unik dan langka di seluruh dunia.

Arc Vector yang akan menjadi produk jarang ini dilepas dengan harga Rp 1.7 miliar. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Arc Vector Motor Listrik Canggih, Harga Nyaris Rp 2 Miliar


Komentar