Modifikasi Honda Steed 600 Sickless Custom Werks Share this
Modifikasi
Mode baca

Modifikasi Honda Steed 600 Sickless Custom Werks

Denny Basudewa
pada 26 Agustus 2016

Foto: Honda Steed 600 Custom

JAKARTA – Honda Steed (HS) merupakan motor yang tidak umum untuk dimodifikasi. Tapi di tangan Eko, kendaraan lawas ini kembali tampil memesona.

Punggawa bengkel Sickless Custom Werks ini, memodifikasi HS milik Whelie tersebut dengan aliran bobber. Pengalaman Eko selama bertahun-tahun dalam “mengobrak-abrik” motor tidak membuatnya kewalahan ketika mengaplikasikan ide cemerlang dari Whelie.

“Ngga Banyak sih yang dia minta (modifikasi), yang penting tampilan motornya jadi enak dilihat. Dari hasil obrolan kami, akhirnya dipilih aliran bobber,” ungkap Eko.

Modifikasi aliran bobber mulai dikenal sekitar tahun 1930-an. Gaya tersebut memiliki ciri khas jok yang sangat tipis. Hal ini guna memberikan kesan rendah bagi sang pengendara. Selain itu, rangka motor sendiri turut andil dalam susutnya ground clearance kendaraan. Penggunaan knalpot pada jenis aliran ini juga dibuat cukup minimalis.

Eko hanya menyematkan sistem pembuangan free flow berkelir hitam. Hal ini cukup memberikan kesan gahar pada suara yang dihasilkan motor ini. Meskipun hanya berkapasitas 583cc, raungan motor Honda Steed ini sekilas mirip Harley-Davidson. Sentuhan selanjutnya dari Eko adalah dengan mengubah warna kendaraan. Warna biru metalik dipilih guna membangkitkan aura dari kendaraan.

Ia membuat sentuhan ciamik dengan grafis airbrush pada tangki dan sepatbor depan maupun belakang. Usai merakit body, pengerjaan berlanjut pada kemudi. Pada bagian ini, juragan bengkel Sickless tersebut membuat setang motor bergaya Z Bar. Model ini sekilas mirip dengan bentuk setang Ape Hanger, namun Z Bar memiliki sudut lebih lancip.

Beralih ke buritan, tempat duduk HS milik Whelie ini cukup unik. Jok buatan Sickless ini sangat tipis sehingga cukup keras saat kami mencoba duduk di atasnya. Guna menambah kesan sangar, Eko memadukan ban Shinko berukuran 120/90 melingkari roda ukuran 21" pada bagian depan, kemudian di buritan ban Dunlop berukuran 170/90 melingkar di lingkar roda 15".

Walhasil meskipun terbilang motor lawas dan kurang populer di dunia modifikasi, Honda Steed 600 garapan Sickless Custom Werks kini tampil ciamik. Kuda besi asal Jepang tersebut bisa menjadi referensi modifikasi bagi OS Lovers.

Spesifikasi Honda Steed 600:

  • Roda: 300/21 (depan), 350/15 (belakang)
  • Ban: Shinko 120/90-21 (depan), Dunlop 170/90-15 (belakang)
  • Sepatbor: Sickless
  • Knalpot: Sickless
  • Tangki: Honda Steed 600
  • Jok: Sickless
  • Setang: Sickless
  • Lampu: Variasi
  • Raiser: Sickless
  • Footstep: Sickless. [Dew/Ikh]

Sickless Custom Werks

Jalan RC Veteran 13, Tanah Kusir, Bintaro

Lebih lanjut di Otospirit
Modifikasi Honda Steed 600 Sickless Custom Werks


Komentar