Chopper Asal Solo Jawara Suryanation Motorland Palembang Share this
Modifikasi
Mode baca

Chopper Asal Solo Jawara Suryanation Motorland Palembang

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 15 April 2018

PALEMBANG - Modifikasi Chopper asal Solo milik Yudha Nugraha menjadi jawara di Suryanation Motorland Palembang, Sumatera Selatan.

Rangkaian acara Suryanation Motorland 2018 dimulai dari kota pempek, Palembang. Antusias di seri pembuka ini juga sangat baik di mana 110 modifikator bersaing menunjukkan kreasinya di kawasan PTC Mall yang menjadi arena tarung kreatifitas.

Hal menarik dari penyelenggaraan Suryanation Motorland 2018 ini adalah tidak ada lagi regulasi soal regional. Artinya, modifikator dari mana pun bisa datang ke tujuh kota lokasi battle Suryanation Motorland 2018.

Hal ini yang pula yang dilihat Yudha Nugraha sebagai sebuah kesempatan. Punggawa bengkel modifikasi Coffee Gasoline ini rela memboyong karyanya dari Solo - Palembang dengan jarak tempuh tak kurang dari 1000 km.

Juara Suryanation Motorland Yudha Nugraha Caffee Gasoline 2018

"Saya membaca regulasi dan tahun ini tidak ada peraturan regional. Jadi, saya coba mencari peluang dan mengikuti seri pertama di Palembang," kata Yudha usai merayakan kemenangannya, Sabtu (14/4/2018).

Veni vidi vici sepertinya menjadi istilah yang tepat bagi Yudha. Setelah bersaing dengan banyak pesaing, dia akhirnya bisa menjadi yang terbaik.

Mesin Triumph 6T 650 cc yang dimilikinya menjadi salah satu modal utama. Apalagi, di zamannya mesin yang punya gearboks terpisah ini merupakan salah satu mesin terkencang di tahun 60-an.

Yucha Nugraha Coffe Gasoline Modifikasi dari Yudha Nugraha (Coffe Gasoline) mengandalkan mesin Triumph TR 6 650 cc.

Akan tetapi, banyak faktor lain yang akhirnya membawa chopper milik Yudha naik ke panggung utama. Para juri melihat karyanya ini unggul dari poin-poin penting. Mulai dari finishing, pengerjaan detail, tampilan, proporsional hinggga faktor ergonomis.

Bahkan, kreasi Yudha mendapatkan penghargaan dari salah satu juri yaitu Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes Jakarta) sebagai Pic Builder. Tunggangan eye catching ini juga berhasil merebut titel Best Chopper/Bobber above 250 cc dan pastinya penghargaan tertinggi yaitu Best of The Best Suryanation Motorland Palembang.

Yudha mengaku sangat senang bisa menang di Palembang. Itu berarti peluangnya untuk bertandang ke Eropa sudah di depan mata. Namun, dia mengaku modifikasinya ini akan mendapatkan sentuhan lagi saat tampil di Big Bang Event Suryanation Motorland 2018 di Surabaya nanti.

"Masih ada yang harus saya poles. Tapi, saya akan melihat bagaimana karya pemenang di kota lain. Keuntungan saya adalah punya waktu lebih banyak untuk mengerjakan motor ini," ujar Yudha yang menghabiskan waktu 6 bulan untuk menggarap modifikasi chopper ini.

Sedikit bicara soal konsep modifikasi, Yudha dan Presiden Joko Widodo ternyata punya kesamaan. Keduanya memiliki modifikasi motor chopper dan sama-sama berasal dari Solo. Tapi, tentu saja detail pengerjaannya berbeda. Sepedamotor milik Yudha ini terbilang rumit terutama sebelum melaburnya seperti ini.

Yudha menyebut pengerjaan di sektor ini diserahkan kepada Dhany Hacka. Seluruh bagian motor dikrom terlebih dulu sebelum memutuskan bagian yang akan dicat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pembuatan perangkat motor seperti tangki bensin atau knalpot harus sempurna. Alhasil, seperti ini lah tampilan chopper ala Coffe Gasoline yang terlihat klimis setelah kelir biru ini melapisi bagian krom tadi. [Ary/Ari]

Suryanation Motorland 2018

1. Palembang (14 April)

2. Medan (28 April)

3. Tangerang (12 Mei)

4. Semarang (11 Agustus)

5. Denpasar (25 Agustus)

6. Makassar (8 September)

7. Surabaya Big Bang Event (29-30 September)


Komentar