Mitsubishi Xpander jadi Forwot Car of The Year 2018 Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mitsubishi Xpander jadi Forwot Car of The Year 2018

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 28 September 2018

JAKARTA - Mitsubishi Xpander raih gelar Forwot Car of The Year 2018 setelah mengalahkan empat pesaing yang masuk ke lima besar.

Forum Wartawan Otomotif (Forwot) kembali menyeleksi mobil-mobil baru untuk dinobatkan sebagai mobil terbaik. Selama periode Agustus 2017 hingga Juli 2018, dewan juri mendapati 23 mobil baru kandidat.

Tahap pertama, sekitar 60 juri anggota Forwot dari berbagai media nasional, baik cetak maupun online melakukan pemilihan untuk lima besar. Kelima mobil tersebut adalah DFSK Glory 580, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Toyota Rush dan Wuling Cortez. Menariknya mobil yang masuk sebagai finalis menggambarkan segmen paling besar di Indonesia yaitu MPV (3 model) dan SUV (2 model).

"Tahun ini pertarungan merebutkan gelar Forwot Car of the Year semakin seru. Pertama, mobil baru mampu menyodok nama-nama lawas. Selain itu, untuk pertama kalinya dua brand asal China, DFSK dan Wuling dalam posisi lima besar. Ini membuktikan brand-brand asal China mulai diperhitungkan bertarung dengan brand-brand asal Jepang, Eropa, Korea dan India," kata Indra Prabowo, Ketua Umum Forwot saat penyerahan penghargaan di Jakarta, Jumat (28/9/2018).

Pada tahap kedua, Forwot meminta 33 jurnalis terpilih berdasarkan pengalaman dan jam terbang untuk menjurikan lagi kelima mobil itu. Penilaian mengacu pada "Car of the Year" dari Car of the Year Committe atau www.caroftheyear.org yang dipakai untuk pemilihan mobil terbaik di Eropa dan disesuaikan dengan pasar otomotif Indonesia.

Mitsubishi Xpander Forwot Car of The Year 2018

"Selected juri-juri inilah yang melakukan penilaian secara online. Sistem online ini membuat data penilaian yang masuk sangat rahasia, otomatis tertabulasi, dan tidak bisa dimanipulasi,” kata Raju Febrian, Dewan Juri FORWOT Car of The Year 2018.

Setelah melakukan penilaian terakhir, Mitsubishi Xpander meraih angka tertinggi yaitu 216 poin. Diikuti Suzuki Ertiga (160 poin), Wuling Cortez (160 poin), Toyota Rush (141 poin) dan DFSK Glory 580 (133 poin). Terpilihnya Xpander juga sekaligus mematahkan dominasi segmen SUV sebagai peraih gelar FCY selama 3 tahun berturut-turut (2015-2017).

Kehadiran Xpander sejak Agustus 2017 lalu memang menyedot perhatian dunia otomotif Indonesia. Small MPV bermesin 1.5 liter buatan Indonesia ini bahkan sukses menjadi model terlaris dalam beberapa bulan terakhir. Selamat kepada Mitsubishi Xpander!

"Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada GT Radial, Federal Lubricants, Garda Oto, Adira Finance, dan Adira Insurance yang telah mendukung terlaksananya Forwot Car of the Year 2018," tutup Indra. [Ary/Ari]


Komentar