Mitsubishi Siap Penuhi Mobil Listrik untuk Indonesia Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mitsubishi Siap Penuhi Mobil Listrik untuk Indonesia

Adi Hidayat
pada 06 Oktober 2017

Foto: i-miev-OS

BEKASI – Belakangan ini ramai terdengar bahwa pemerintah Indonesia tengah mengembangkan sebuah aturan agar mobil berteknologi tinggi seperti mobil listrik dapat hadir di Indonesia.

Wacana tersebut ternyata bukanlah angin lalu karena ternyata pemerintah Indonesia sudah mengajak stakeholder di dunia otomotif untuk dapat membuat kebijakan yang mengatur hal tersebut.

Hal tersebut disampaikan dalam pidato Menteri Perindustrian Republik Indonesia di Rollout Mitsubishi Xpander Ceremony yang dibacakan oleh oleh Direktur Akses Pasar Industri Internasional, Putu Juli Ardika.

“Sesuai dengan tren global dan pasar otomotif dunia, Pemerintah sedang berkoordinasi dengan sejumlah stakeholder dan pihak-pihak terkait dalam menyusun kebijakan terkait pengembangan electric vehicles. Kami juga memberikan apresiasi dalam upayanya mendukung pengembangan electric vehicle ini,” kata Putu.

Trevor Mann, Chief Operating Officer Mitsubishi Motor Corporation (MMC) mengaku bahwa pihaknya telah berbicara langsung oleh pemerintah Indonesia terkait wacana ini. Ia pun mengaku menyambut baik wacana tersebut.

“Pemerintah Indonesia memang sedang hangat membicarakan percepatan mobil listrik. Mitsubishi sendiri sudah bertemu dengan pemerintah Indonesia untuk membahas lebih lanjut terkait mobil listrik. Namun sebelum meluncurkan mobil listrik, ada banyak hal yang harus dihadirkan seperti edukasi pada masyrakat tentang mobil listrik, infrastruktur memadai dan insetif terbaik,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya mengaku siap bila memang arah otomotif Indonesia menuju ke kendaraan listrik. Hal ini karena Mitsubishi merasa cukup memiliki pengalaman terhadap pengembangan mobil listrik di dunia.

“Untuk kendaraan listrik, Mitsubishi cukup unggul di dunia mobil listrik. Tahun 2008 Mitsubishi pernah mensosialiasasikan i-MiEV di Indonesia dan kini sudah dijual di global. Dari pengalaman ini, Mitsubishi akan terus mengembangkan kendaraan listrik agar bisa digunakan di Indonesia dan dunia,” tambah Trevor.

Tak hanya itu, ia pun menyebutkan bahwa dalam rencana global Mitsubishi, mereka memang akan meluncurkan sedikitnya dua mobil listrik baru. Mobil tersebut termasuk dalam 12 mobil baru yang akan diluncurkan oleh Aliansi Renault-Nissan dan Mitsubishi hingga tahun 2022. [Adi/Ikh]


Komentar