Jeans Modifikasi Kulit Tengah Menjadi Incaran Fashion Share this
Fashion
Mode baca

Jeans Modifikasi Kulit Tengah Menjadi Incaran Fashion

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 12 June 2017

Foto: Lois Jeans

JAKARTA - Celana denim atau dikenal dengan sebutan jeans, menjadi street fashion paling abadi sepanjang zaman. Demikian di tahun 2017, gaya kasual ini tak pernah surut dicintai fashionista lintas usia. Jeans kerap ditasbihkan sebagai mode yang melambangkan semangat berjiwa muda. Bahkan racikan gayanya fleksibel di segala suasana.

Di pertengahan tahun ini, pergerakan tren jeans semakin kreatif dan mempertegas sisi kebebasannya. Isyarat ini dapat diamati dari gaya modifikasi jeans, permainan detail hingga cutting jeans yang kian inovatif. Tak lagi bicara potongan hipster atau skinny, kini revolusi jeans juga bergulir pada ide modifikasi celana jeans dengan detil kulit asli.

Sentuhan material kulit itu tak harus berlebihan. Tampilan ini cukup disematkan di beberapa bagian penting seperti saku belakang atau depan celana hingga ornamen kecil di area ikat pinggang. Kendati detilnya kecil, tren modifikasi kulit ini terlihat edgy dan memikat perhatian.

Ada alasan lain mengapa tren jeans berdetil kulit kini digandrungi banyak kalangan. Selain mengentalkan kesan stylish, unsur kulit ternyata menjadi siasat jitu untuk menghindari permukaan yang kotor di area saku. Seperti diketahui, debu atau kotoran dari uang atau tangan memang kerap menempel di kain denim saat kita merogoh saku. Terlebih pada celana jeans yang berwarna terang.

Seperti lazimnya celana jeans, tampilannya tak luput dari pakem lamanya. Menggunakan material denim, menggunakan rivets, watch pocket serta branding patch yang menginformasikan merek atau tipe tertentu pad jeans. Uniknya, seiring perkembangan waktu elemen wajib itu terkadang hanya hadir sebagai pemanis. Hal ini berbeda dari permulaannya yang difungsikan sesuai namanya. Semisal watch pocket sebagai kantong kecil untuk menyimpan jam tangan. Demikian untuk rivets yang berupa besi pelindung dari jahitan celana jeans.

Uniknya lagi, tren modikasi kulit mencuat, sederet ornamen wajib itu pun dipercantik dengan tambahan kulit asli yang terkesan premium. Detil tersebut sengaja ditempatkan pada watch pocket, jahitan di dekat rivets bahkan saku bagian belakangan dengan style double jahitan. Tak ketinggalan pada branding patch yang biasa ditempatkan sebagai label dan ciri khasnya memang menggunakan bahan kulit. Ada yang menggunakan kulit asli atau pun bahan sintetis.

Padu padan apa yang cocok untuk celana jeans modifikasi kulit? Ya, mix and match itu sangat variatif. Fashionista kaum hawa misalnya, bisa memadukannya dengan kaus, outers, top bergaya modesty, kemeja atau apapun jenis item atasan. Sementara bagi pria yang suka tampil kasual bisa menyandingkannya dengan kaus bergaya santai atau kemeja dengan polesan warna apapun warna yang menjadi favorit.

Tak luput dari rotasi mode jeans, salah satu label ternama Tanah Air, Lois Jeans juga turut meramaijan industri denim di Tanah Air. Dengan warna warna atraktif dengan inovasi pada cutting dan beragam pemanis, Lois juga menerobos pasr lintas kalangan. Tak hanya membidik kalangan muda yang bergaya hidup aktif dan dinamis, produsen jeans ini pun menyasar kalangan usia yang lebih matang.

Menilik sejarah, Lois Jeans itu sendiri dimulai pada tahun 50-an pada saat dua bersaudara dari Valencia, Spanyol memulai sebuah usaha pakaian. Sementara merek Lois Jeans baru lahir pada tahun 1962, yang awalnya dikenal sebagai merek jeans untuk kelas pekerja. Namun tak lama setelah itu Lois Jeans, di bawah naungan perusahaan garmen Saez Moreno Group erkembang sebagai merek jeans dari Eropa yang patut diperhitungkan.

Di luar Spanyol, Inggris dan Prancis adalah dua negara di kawasan Eropa yang dimana merek Lois Jeans sangat dikenal dan digemari. Di dua negara pusat mode itulah Lois Jeans membuktikan tajinya sebagai jeans dengan kualitas mendunia. [OS]


Komentar