Ini Penyebab Jorge Lorenzo Lambat di MotoGP Assen 2016 Share this
MotoGP
Mode baca

Ini Penyebab Jorge Lorenzo Lambat di MotoGP Assen 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 27 Juni 2016

Foto: Penampilan buruk Jorge Lorenzo di MotoGP Assen 2016

ASSEN - Jorge Lorenzo hanya bisa finish posisi ke-10 pada balapan MotoGP Assen 2016. Pembalap Spnyol ini mengakui lebih lambat dari sesi latihan bebas. Penyebabnya karena kondisi trek basah dan sangat berbahaya.

Lorenzo mengawali start dari posisi ke-11 di MotoGP Assen, dan ini penampilan buruk sepanjang MotoGP 2016. Lorenzo menjelaskan kesempatan Ia menyentuh garis finish bukan karena Ia menyalip pembalap-pemalap, namun karena Ia main aman dan banyak pembalap terjatuh.

"Saya mungkin lebih lambat dari sebelumnya, terutama ketika hujan deras turun, lebih lambat dan semakin lambat," kata Lorenzo.

Karena hujan turun, Lorenzo tidak bisa tampil maksimal sepanjang balapan pertama. Pada saat awal balapan, Lorenzo sempat ke posisi depan. Dan ketika hujan mulai turun, motor Yamaha YZR-M1 miliknya mulai kehilangan power dan perlahan-lahan tercecer ke posisi belakang.

Pada balapan pertama di mana hujan turun deras, pembalap yang akan hijrah ke Ducati itu terdorong ke posisi-19. Ia bahkan berniat untuk keluar dari balapan karena ganasnya kondisi lintasan, sebelum race direction mengibarkan bendera merah.

Begitu bendera merah berhenti berkibar, Lorenzo yang menggunakan ban depan soft hanya berhasil mengamankan posisi ke-10 sampai garis finish.

Akibatnya Marc Marquez memimpin klasemen sementara dengan 145 poin atau unggul 24 poin dari Lorenzo (121 poin). Kendati demikian Lorenzo masih bersemangat untuk mengejar ketertinggalan karena masih ada 10 seri tersisa. [Ikh/Idr]


Komentar