Honda Africa Twin Kian Canggih, Harga Setengah Miliar Rupiah! Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda Africa Twin Kian Canggih, Harga Setengah Miliar Rupiah!

Insan Akbar
pada 05 Februari 2020

JAKARTA – Honda Africa Twin model baru menjanjikan performa yang makin ‘gila’, dengan fitur makin canggih pula. Adapun harganya mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

Model terbarunya, CRF1100LL Africa Twin Adventure Sports, mengaspal di Indonesia pada Selasa (4/2/2020). Di hari yang sama, meluncur pula moge (motor gede) Honda lain, Rebel, dengan banderol Rp 169.200.000 on-the-road Jakarta.

Sebagai salah satu flagship moge Honda di pasar otomotif Tanah Air, harganya tentu berbeda jauh dari Rebel. Africa Twin sekarang dibanderol Rp 599.900.000 on-the-road Jakarta dan Rp 599.900.000 on-the road Jakarta untuk tipe DCT.

Ubahannya sendiri cukup banyak serta signifikan. Motor adventure tersebut sekarang hadir dengan mesin baru 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan mampu menghasilkan tenaga maksimal naik 7 persen (75 kW @7500 rpm) dan torsi puncak naik Rp 6 persen (105 Nm @6000 rpm).

Bobotnya lebih ringan 5 kg. Teknologinya makin ciamik berkat berbagai pembaruan, dimulai dari kehadiran sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Mode berkendara juga 4+2. Artinya, selain empat mode utama (Tour, Urban, Gravel, Off-road), ada dua mode tambahan yang dapat disetel sendiri oleh pengendara demi kebutuhan aktivitas yang lebih personal.

“Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur PT. Astra Honda Motor (AHM) dalam seremoni di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Masih ada lagi layar sentuh TFT 6,5 inci menampilkan  informasilengkap seperti riding mode, temperatur udara, kecepatan, dan banyak informasi lain yang dapat diatur sendiri. Selain itu fitur ini juga didukung oleh Apple Car Play dan koneksi  bluetooth. Tersematnya fitur cruise control pada model ini turut memberikan rasa nyaman bagi pengendara saat menikmati perjalanan.

Africa Twin memiliki Honda Selectable Torque Control (HSTC) sistem yang menawarkan tujuh tahap kontrol (mode). Ini yang memungkinkan pengendara menonaktifkan ABS roda belakang dan mendapat sensasi berkendara sesuai yang diinginkan.

Pada tipe DCT terdapat 2 mode transmisi. Mode D menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara, sementara mode S memberikan tambahan performa sport.

Ada juga ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road. Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut.

Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT telah dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan. [Xan/Ari]


Komentar