FORWOT Tantang Kreativitas Jurnalis Hadapi Digitalisasi Multi Platform Share this
Berita Mobil
Mode baca

FORWOT Tantang Kreativitas Jurnalis Hadapi Digitalisasi Multi Platform

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 14 Mei 2018

BOGOR - Forum Wartawan Otomotif (FORWOT) mengajak para rekan jurnalis untuk tetap menumbuhkan kreativitas dalam menghadapi era digitalisasi multi platform.

Pada 30 April 2018 lalu, FORWOT mencapai usianya yang ke 15 tahun. Dan dalam perjalanannya, FORWOT berupaya menjadi wadah yang selalu bermanfaat bagi setiap anggota.

Seperti sebelumnya, FORWOT selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang bisa menjadi bekal bagi mereka. Sama halnya dengan tahun ini di mana kreativitas jurnalis media ditantang oleh pesatnya perkembangan digital.

Maka dari itu FORWOT berinisiatif mengadakan workshop bertajuk "Memacu Kreativitas dan Memelihara Sikap Kritis Wartawan" serta mendatangkan nara sumber yang memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

"Tema ini sengaja kami angkat dan kami rangkai dengan kegiatan diskusi menarik sebagai bekal teman-teman wartawan untuk bisa berkarya secara lebih kreatif dan tetap mempertahankan sikap kritisnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait perkembangan industri otomotif di Tanah Air," ujar Ketua Umum FORWOT, Indra Prabowo, Sabtu (12/5/2018) di Aston Sentul.

Usai mendapatkan pelatihan, sebanyak kurang lebih 70 wartawan/jurnalis yang tergabung sebagai anggota FORWOT mengikuti kegiatan workshop. Dan pada kesempatan ini langsung diajak mengaplikasikan ilmu tersebut melalui kompetisi foto, video dan karya tulis jurnalistik.

Rangkaian puncak perayaan HUT ke-15 FORWOT berlanjut dengan menggelar malam ramah tamah yang dihadiri tamu undangan perwakilan pelaku industri otomotif, pengurus dan anggota, yang ditandai dengan pemotongan kue ulang tahun dan pembacaan doa bersama.

Acara ini sendiri didukung oleh Suzuki, Mitsubishi Motors, DFSK Indonesia, Wuling Motors, Toyota, Isuzu, Daihatsu, Garda Oto, Pertamina Lubricants, Astra Honda Motor, Mobil88, Adira, GS Astra dan Konica Minolta.

Harapan FORWOT ke depan akan semakin memberi arti bagi perkembangan industri otomotif Indonesia dan mampu menjadi organisasi yang mampu mewadahi seluruh kepentingan anggota-anggotanya. Dan di tengah persaingan media yang juga kian ketat, FORWOT berusaha untuk tetap bisa menjaga 'marwah' sebagai kumpulan wartawan yang jujur, cerdas dan kritis.

FORWOT Berbagi, Donasikan 4 Unit Laptop untuk ACT

Sudah menjadi tradisi dalam setiap perayaan hari jadi maupun kegiatan lainnya, FORWOT selalu menyelipkan kegiatan sosial berupa penyerahan donasi. Kali ini sebanyak empat unit laptop diserahkan kepada perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang nantinya bakal diteruskan ke beberapa lembaga pendidikan.

Dijelaskan Danang Priyamboro selaku Ketua Pelaksana HUT ke-15 FORWOT, donasi ini sejalan dengan tema acara, yakni memacu kreativitas. Dan menurutnya, siapapun penerima donasi tersebut, kiranya bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengenal teknologi serta menjangkau informasi secara lebih luas lagi.

Sebelumnya di perayaan hari jadi ke-12 (2015), FORWOT menyerahkan sejumlah kaki palsu kepada para penyandang cacat, disusul tahun berikutnya (2016) mendonasikan buku senilai Rp 20 juta rupiah ke 100 TK (Taman Kanak-Kanak) di bawah asuhan IGTKI (Ikatan Guru TK Indonesia) kabupaten Bogor, serta sumbangan sepatu untuk anak anak sekolah di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur, senilai Rp 10 juta rupiah.

"Di bawah pilar "FORWOT BERBAGI" kegiatan sosial semacam ini menjadi bentuk komitmen kepedulian kami terhadap lingkungan sosial dan akan terus kami lakukan," tutup Danang. [Ary/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
FORWOT Tantang Kreativitas Jurnalis Hadapi Digitalisasi Multi Platform


Komentar