Hypercar Mercedes Akhirnya Melantai di Frankfurt

Hypercar Mercedes
Hypercar Mercedes

FRANKFURT – Mercedes-AMG Project One hadir di depan publik untuk pertama kalinya pada pameran otomotif Frankfurt Motor Show 2017.

Produsen mobil asal Jerman ini menciptakan mobil berbasis F1 namun dengan peruntukkan jalan raya. Kendaraan tersebut benar-benar menggunakan mesin V6 turbo hybrid yang digunakan Lewis Hamilton. Lebih jauh Project One dikatakan memiliki kemampuan di atas 1.000 hp.

Proyek ambisius Mercedes ini disebut-sebut menggunakan mesin 1.6-liter yang mampu berkitir hingga 11.000 rpm. Sedikit lebih kecil dari mobil F1 sesungguhnya yang mencapai 15.000 rpm, karena alasan penggunaan jalan raya.

Meskipun kemampuan mesin disunat dari versi F1 aslinya, namun empat mesin motor listrik yang tersematkan pada Mercedes-AMG Project One, diyakini dapat menghasilkan tenaga sebesar 1.000 hp, dengan kecepatan maksimal 350 kpj.

Mercedes mengklaim bahwa mobil buatannya kali ini mampu bereaksi 0–199 kpj kurang dari enam detik. Hal ini unik meskipun masih merupakan kendaraan pameran dan belum terbukti di jalan raya, kemampuan Project One melebihi Bugatti Chiron yang hanya 6,5 detik untuk jarak yang sama.

Mesin yang diadopsi Project One adalah, V6 turbocharged yang terintegrasi dengan motor listrik sehingga menghilangkan gejala turbo lag. Sementara terdapat sebuah motor listrik independent pada kruk as. Masih belum cukup, mereka juga menyematkan dua buah motor listrik pada roda depan guna memberikan torsi kendaraan.

Sistem penggerak Project One mirip dengan mode EV pada BMW i8. Ini membuat kendaraan dapat berakselerasi secepat kilat. Selain itu, penggunaan motor listrik juga tidak menimbulkan emisi sama sekali. Jantung pacu istimewa tersebut dikawinkan dengan sistem penggerak otomatis delapan percepatan.

Di dalam kabin, Mercedes-AMG Project One hanya menyediakan dua buah kursi dan balutan karbon fiber hampir di seluruh bagian. Mobil ini juga menampilkan alat kemudi bergaya F1 yang berbentuk kotak.

Di depannya alat kemudi terdapat dua buah monitor 10” yang berfungsi untuk menampilkan informasi seputar kendaraan dan entertainment. [Dew/Ikh]