Test Ride SYM Cruisym 300i: Cruiser Ramah Perkotaan Share this
Review Motor
Mode baca

Test Ride SYM Cruisym 300i: Cruiser Ramah Perkotaan

Ary Dwinoviansyah
pada 18 Desember 2018

JAKARTA - SYM Cruisym 300i sejatinya adalah skutik bongsor yang ideal dipakai touring, namun tetap ramah untuk penggunaan harian terutama perkotaan.

2017 lalu, PT MForce Indonesia selaku agen pemegang merk Sanyang Motor (SYM) mendatangkan SYM Cruisym 300i sebagai dagangan terbarunya di Tanah Air. Skutik ini pun digadang menjadi pesaing Yamaha XMax yang notabene dibanderol lebih murah Rp 57.800.000 juta (on-the-road Jakarta).

SYM Cruisym 300i dilepas lebih mahal yakni Rp 78.850.000,00 karena unitnya datang dengan status CBU. Ditambah lagi kubikasi mesinnya adalah 278,3 cc, sehingga membuat harganya kian menjulang dibanding sang kompetitor.

Kali ini, Otospirit.com berkesempatan menguji skutik asal Taiwan tersebut. Impresi pertama terhadap desainnya sudah cukup menjelaskan bahwa skutik berbadan semok itu memang cocok diajak mengarungi perjalanan jarak jauh. Tapi, pihak SYM sepertinya ogah menyebut Cruisym 300i hanya andal di trek panjang.

Apalagi, mereka mengatakan Cruisym 300i merupakan skutik multifungsi. Alhasil, kami pun mencobanya untuk penggunaan harian dan tentu sudah dilengkapi dengan berbagai kondisi jalan. Namun, sebelum itu tak ada salahnya jika kami mengulas tampilan Cruisym 300i ini.

Desain

Bagian muka Cruisym 300i tampak berotot dengan garis-garis tegas. Sistem penerangannya pun sudah menggunakan model projector disertai DRL. Menariknya, SYM menempatkan lampu sein pada area spion. Walaupun ukurannya tidak besar, tapi cukup menjadi penanda bagi kendaraan lain lantaran posisinya yang lumayan tinggi.

Kesan cruiser juga terlihat pada pengaplikasian windshield tinggi sebagai penghalau angin. Meski begitu, perangkat ini terbilang aerodinamis karena posisinya cukup condong ke belakang dan tak mengganggu visibilitas ke depan.

SYM juga sepertinya benar-benar memerhatikan detail desain Cruisym 300i. Selain bentuk yang sporty, SYM juga menyematkan nuansa serat karbon di beberapa bagian tubuh meski perangkat tersebut berbahan plastik.

Kesan gemuknya juga baru kentara pada bagian buritan disertai bentuk fender belakang yang cenderung kaku. Namun, model penerangan LED pada lampu rem dan sein membuat pengendara lain jelas hanya akan fokus melihat ke area tersebut.

Posisi dan impresi berkendara

SYM Cruisym 300i dengan dimensi 2.175 mm x 760 mm x 1.440 mm (PxLxT) sangat bersabahat dengan tinggi tester 173 cm. Kami juga sudah bisa membayangkan pengendaraannya akan nyaman karena jok yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Jadi, kedua kaki bisa menapak ke jalanan dengan sempurna. Hanya saja, ground clearance yang tidak terlalu tinggi ini sempat beberapa kali membuat penyangga mentok saat melewati polisi-tidur.

Unsur kenyamanan pada SYM Cruisym 300i juga ditunjang dengan penerapan jok model bertingkat. Dengan begitu, pengendara bisa mendapatkan sandaran pada tulang punggung agar bisa rileks selama berkendara. Ditambah lagi, skutik ini juga menyediakan pijakan kaki cukup lebar dan posisi setang ergonomis.

Hal ini sangat penting untuk memudahkan mengendalikannya. Mengingat SYM Cruisym 300i punya bobot 198 kg (lebih berat 19 kg dari Yamaha XMax). Komposisi posisi berkendara, jok dan setang tadi rupanya berdampak positif ketika Otospirit.com mengendarainya di perkotaan dengan kondisi lalu lintas variatif bahkan meliuk diantara kemacetan.

Sementara itu, mesin satu silinder dengan sistem bahan bakar injeksinya punya karakter halus di putaran bawah. Jadi, pembeli skutik ini tak perlu khawatir tenaga Cruisym 300i liar meski mengusung pembulatan kapasitas mesin 300 cc. Rasio kompresinya adalah 10.5:1 dan sudah menggunakan standar emisi Euro 4.

Mengendarai SYM Cruisym 300i pun kian safety karena pihak pabrikan sudah menyematkan perangkat rem ABS di kedua rodanya. Sistem pengereman tersebut juga didukung cakram berukuran 260 mm sebagai pengawal ban depan ring 14 inchi dan cakram 240 mm di roda belakang 13 inchi.

Akomodasi

Bicara soal cruiser tak lengkap tanpa membahas daya tampung atau berapa banyak barang yang bisa ditampung oleh SYM Cruisym 300i ini. Pada konsol di bawah setang, pengemudi bisa menempatkan sarung tangan atau smartphone. Dan, pengisian daya juga bisa dilakukan karena Cruisym 300i menyediakan USB socket dan power outlet 12V.

Lanjut ke bagasi yang bisa dibuka dengan dua cara. Pertama dengan menekan tombol kuning di bagian kiri setang dan kedua, menggunakan anak kunci. Konsumen tidak perlu menggunakan tenaga lebih untuk mengangkat jok karena SYM Cruisym 300i memiliki tuas hidrolik. Dan, di dalamnya pemilik bisa menaruh dua helm full face dan beberapa barang lain seperti tas kecil, dompet atau jas hujan.

Daya tampung tersebut jelas dipengaruhi penempatan tangki bensin 12 liter di area dek. Sekian ulasan singkat Otospirit.com terhadap SYM Cruisym 300i. Apakah skutik yang nyaris Rp 80 juta ini menarik untuk OS lovers? Jangan lupa juga tonton review SYM Cruisym 300i di youtube channel kami ya! [Ary/Ari]

Dealer SYM

PT Sentra Multi Karya

Jl. Mayjend DI Panjaitan no. 138

Jakarta Timur 13630

Telepon: 087701101971

Data Spesifikasi SYM Cruisym 300i:

Type: 4-stroke single cylinder

Cooling System: Liquid

Displacement: 278,3 cc

Fuel Supply: E.F.I

Emissions Standard: EURO 4

PxLxT (mm): 2175x760x1440

Wheel Base: 1550 mm

Maximum Horsepower: 26.9 hp/7750 rpm

Maximum Torque: 27.3 Nm/6750 rpm

Starting System: ElectricaI starter

Headlight: 12 V 55 W/55W x2

Taillight: LED

Positions Lamps: LED

Turn Signal Light: LED

Front Suspension: Telescopic fork

Rear Suspension: Unit swing arm

Rim (Fr/Rr Material): Alumunium

Front Tire: 120/70-14

Rear Tire: 140/60-13

Front Brake: Disc 260 mm + ABS

Rear Brake: Disc 240 mm + ABS

Transmission: CVT

Minimal Ground Clearance (L): 125

Fuel Capacity: 12 L

Colour: Red, Black

Lebih lanjut di Otospirit
Test Ride SYM Cruisym 300i: Cruiser Ramah Perkotaan


Komentar