Test Drive BMW X1 Share this
Review Mobil
Mode baca

Test Drive BMW X1

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 26 Januari 2016

JAKARTA - Tampilan New BMW X1 sDrive20d Sport Edition terasa sangat maskulin. Untuk membuktikan ketangguhannya kami mencoba langsung BMW X1 diesel yang ditampuk sebagai varian paling atas.

Hal tersebut pun juga tercermin pada BMW X1. Mobil yang masuk pada segmen Sports Activity Vehicle (SAV) premium ini hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat yang menginginkan mobil yang dinamis, berkelas, berperforma tinggi, namun memiliki konsumsi bahan bakar efisien dan emisi rendah. BMW terbaru ini hadir dengan 2 pilihan karakter yang berbeda yaitu xLine dan Sport Line.

Mobil ini hadir dengan desain yang atletis dan dipertegas dengan sapuan warna high-gloss Black pada bemper depan dan belakang, kidney grille khas BMW dan juga sistem knalpot yang memiliki tilepipe berlapis krom berwarna hitam.

Guna memperkuat kesan premiumnya, BMW turut menambahkan Doubleround headlights berteknologi Bi-Xenon khas BMW yang dikombinasikan dengan fog light bundar. Perpaduan keduanya berhasil menjadikan tampilan BMW ini terasa lebih eksklusif.

Kesan premium tidak hanya hadir pada eksterior namun juga interior. Begitu memasuki kabin, nuansa sporty langsung terasa berkat penggunaan warna high-gloss black dengan garis aksen warna Coral Red, jok sporty berlapis bahan kulit Nevada dan stir kemudi sporty berlapis bahan kulit dengan jahitan berwarna kontras. Sentuhan akhir dari ambient light dengan pilihan warna putih atau oranye menyempurnakan atmosfir kabin yang nyaman.

Desain sporty luar dalam rupanya membuat BMW juga ikut memikirkan sektor mesinnya. BMW X1 dibekali mesin bensin empat-silinder terbaru dengan Valvetronic yang menjamin kombinasi terbaik dari kedinamisan dan efisiensi bahan bakar.

Mesin bensin empat silinder berkapasitas 2.0 liter pada BMW X1 sDrive18i Sport Line ini menghasilkan tenaga maksimum 150 hp. Berkat Double-VANOS dan Steptronic Transmission enam-percepatan, kendaraan ini dapat melesat dari 0 ke 100 km/jam dalam 10,4 detik dengan kecepatan puncak 200 km/jam. Konsumsi bahan bakar rata-rata kendaraan ini sangat efisien yaitu hanya 12,7 km/liter menurut siklus tes Uni Eropa, dengan emisi CO² 185 gram/km.

BMW juga menyediakan varian khusus bermesin diesel yaitu BMW X1 sDrive20d Sport Edition. Dilengkapi dengan 8-speed automatic transmission Steptronic menjadikan perpindahan perseneling terasa lebih halus dan getaran mesin menjadi lebih ringan.

Guna menjamin keselamatan penumpangnya, BMW menyematkan serangkaian fitur keselamatan dengan seperti kantong udara untuk pengemudi dan penumpang di kursi depan, kantong udara samping, dan Dynamic Braking Lights. Berbagai sistem kontrol elektronik yang mengontrol keamanan dan kedinamisan secara seimbang menunjang kenikmatan berkendara BMW X1. Sistem DSC (Dynamic Stability Control) mencakup DTC (Dynamic Traction Control), Anti-lock Braking System (ABS), dan Cornering Brake Control (CBC). Kelengkapan standard BMW X1 juga mencakup fungsi Dry Braking, Braking Readiness, Fading Compensation, dan Pullaway Assistant.

Bagaimana dengan fitur-fitur tambahan? BMW X1 hadir dengan BMW Navigation System Professional dengan layar resolusi tinggi berukuran 8,8 inci dilengkapi DVD drive, dan iDrive controller. USB, AUX-IN, dan konektivitas audio Bluetooth memungkinkan musik untuk diputar melalui sistem pengeras suara HiFi BMW, dengan output tenaga amplifier sebesar 180 W. Selain itu pengguna dapat menyimpan koleksi lagu hingga 12GB.

Untuk harga, BMW X1 sDrive18i Sport Line ditawarkan dengan harga Rp 659.000.000,- off- the-road. Untuk varian dibawahnya, BMW menyediakan BMW X1 sDrive18i xLine yang dilepas dengan harga Rp Rp 629.000.000, sementara untuk BMW X1 sDrive20d Sport Editon, BMW melepasnya dengan harga Rp 689.000.000,- off- the-road.

Ketiganya telah dilengkapi dengan BMW Service Inclusive yang memberikan perawatan kendaraan bebas biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang lebih dahulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. [Adi/Idr]

Sumber : Mobil123.com


Komentar