Tempow Hadirkan Kloningan AirPods Share this
Gadget
Mode baca

Tempow Hadirkan Kloningan AirPods

Denny Basudewa
pada 17 Desember 2018

Foto: Tempow True Wireless

PARIS – Tempow mengembangkan perangkat audio wireless (earbuds) dengan desain yang mirip dengan Apple AirPods.

Sebuah perusahaan startup asal Perancis, mengembangkan software yang menjadi solusi dari masalah perangkat elektronik berbasis bluetooth. Tempow baru-baru ini meluncurkan perangkat earbuds wireless yang selama ini hanya dimiliki oleh Apple AirPods.

Apple AirPods menjadi istimewa karena menawarkan earbuds tanpa kabel (wireless) yang pertama. Namun AirPods hanya bisa digunakan (fitur-fiturnya) untuk perangkat berbasis Apple. Beberapa perusahaan lain mencoba langkah serupa (earbuds wireless), akan tetapi hasilnya tidak sebaik sang pelopor.

Apple AirPods tidak bisa ditiru karena menggunakan teknologi chip dan software yang mereka kembangkan sendiri. AirPods menggunakan sistem bluetooth (A2DP) untuk bisa terkoneksi dengan perangkat smartphone atau laptop buatan Apple.

Beberapa perusahaan mencoba membuat earbuds dengan memanfaatkan sistem koneksi yang berbeda. Mereka menggunakan Near Field Magnetic Induction, namun langkah ini lebih rakus akan konsumsi baterai dan dianggap berbahaya karena panas yang berlebihan.

Tempow hadir sebagai solusi dari semua masalah di atas. Mereka merancang ulang susunan bluetooth, sehingga chipset normal pada umumnya tetap bisa dipakai. Lebih jauh produk Tempow bisa terkoneksi dengan berbagai perangkat lainnya.

Tempow earbuds sendiri memiliki bentuk yang mirip dengan AirPods. Sehingga orang mungkin tidak akan sadar bahwa produk tersebut merupakan kloningan dari AirPods. Setidaknya para penggunanya bisa meningkatkan penampilan dengan produk Tempow satu ini. [Dew/Ari]


Komentar