Mazda Kembangkan Bioplastik untuk Body Mobil Share this

Mazda Kembangkan Bioplastik untuk Body Mobil

Adi Hidayat
pada 20 December 2017

Foto: Mazda-CX-5

TOKYO - Mazda mengembangkan bioplastik yang bisa digunakan untuk menjadi bagian dari ekterior kendaraan mereka.

Dilansir dari Leftlanenews, Mazda berencana memanfaatkan plastik nabati untuk digunakan pada grille dan trim. Teknologi ini menggunakan bahan tanaman sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan bahan turunan minyak bumi.

Mazda telah melakukan penelitian tentang penggunaan bioplastik untuk keperluan dunia otomotif selema bertahun-tahun. Bioplastik pertama kali digunakan untuk bagian interior dengan ukuran yang sangat kecil di Mazda MX-5 Miata. Bioplastik pun kemudan perlahan digunakan pada Mazda2, Mazda 3 dan Mazda CX-9.

Namun, perkembangan teknologi yang semakin maju membuat Mazda berhasil membuat bioplastik untuk menjadi bagian eksterior. Menariknya, meski belum di cat, namun komponen tersebut sudah halus dan apik.

Selain mengurangi penggunaan minyak bumi, Mazda juga mengatakan proses ini dapat mengurangi produksi karbondioksida dan bahan kimia yang mudah menguap lainnya. Dengan demikian tak hanya produknya tapi proses pengerjaannya juga ramah lingkungan.

Penggunaan bioplastik ini nantinya akan digunakan pada grille Mazda CX-5 namun tidak menutup kemungkinan ke depan akan ada lebih banyak bahan bioplastik yang digunakan. [Adi/Ikh]


Komentar