Menperin Airlangga: Motor Masih Menjadi Kendaraan Alternatif Share this
Berita Motor
Mode baca

Menperin Airlangga: Motor Masih Menjadi Kendaraan Alternatif

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 02 November 2016

Foto: Airlangga resmi buka IMOS 2016

JAKARTA - Indonesia Motorcycle Show 2016 yang digelar 2-6 November di Jakarta Convention Center (JCC) resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pagi ini, Rabu (2/11).

IMOS 2016 diikuti 39 peserta terdiri dari 5 perusahaan motor anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) yaitu Honda, Kawasaki, Suzuki, TVS dan Yamaha dan 3 non anggota AISI (BMW Motorrad, KTM, Nozomi) ini mengusung tema “Teknologi untuk Kehidupan yang Lebih Baik.”

Dalam kata sambutannya, Airlangga berharap IMOS 2016 bisa meningkatkan industri otomotif roda dua di Indonesia.

"Saya mengharapkan IMOS 2016 bisa meningkatkan industri otomotif sepedamotor Indonesia, mengembangkan keterampilan anak bangsa dan meningkatkan industri kecil sebagai pendukung industri sepedamotor," kata Airlangga di Jakarta.

Airlangga sendiri tidak bisa menampik bahwa sepedamotor masih menjadi kendaraan alternatif masyarakat Indonesia di tengah belum maksimalnya transportasi massal. Untuk itu angka penjualan sepedamotor diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Selama ini industri otomotif roda dua Indonesia masih di bawah China dan India. AISI sendiri memprediksi penjualan roda dua tahun ini akan mencapai angka lebih dari 6 juta unit.

"Pameran sepedamotor telah mejadi bagian dari AISI sejak 2002. Upaya kami mengembangkan industri teknologi yang berkelanjutan. IMOS 2016 diharapkan terjadi dorongan petumbuhan pasar otomotif roda dua. Sayang kondisinya sedang tidak bagus karena dampak ekonomi global," tegas Gunadi Sindhuwinata, Ketua umum AISI.

Event IMOS 2016 yang didukung penuh oleh Pertamina Lubricant tersebut juga akan diramaikan industri pendukung seperti Astra Otoparts, TDR, Bosch, Ferrox dan pelumas Pertamina, Evalube, Idemitsu. Acara dua tahunan ini juga mengajak komunitas-komunitas sepedamotor.

Untuk itu IMOS 2016 juga dicanangkan sebagai ajang informasi industri roda dua terhadap industri otomotif global.

"Kami AISI terus berupaya untuk dapat mendorong pertumbuhan pasar sepedamotor nasional untuk menjadi ajang informasi industri otomotif global," ucap Sigit Kumala ketu pelaksana IMOS 2016. [Ikh]


Komentar