Marc Marquez Ungkap Kegagalannya di MotoGP Malaysia 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Marc Marquez Ungkap Kegagalannya di MotoGP Malaysia 2017

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 30 Oktober 2017

Foto: Persaingan Marquez dan Dovizioso di MotoGP Malaysia 2017

SEPANG - Marc Marquez menyesalkan tidak bisa meraih hasil gemilang di MotoGP Malaysia 2017. Hal ini membuat perebutan titel juara dunia ditentukan di MotoGP Valencia 2017 berlangsung pada 12 November.

Marquez hanya berhasil menempati posisi ke-4 di MotoGP Malaysia 2017 yang membuat selisih poin dengan Andrea Dovizioso kembali menipis. Berkat kemenangan di Malaysia, selisih poin antara Marquez dan Dovizioso menjadi 21 poin.

Sinyal kekalahan Marquez telah terlihat pada lap ke-5 di mana Dovizioso berhasil mengamankan posisi ketiga. Belum sempat menemukan ritme yang sesuai, The Baby Alien kembali mendapatkan perlawanan sengit dari Johann Zarco.

Zarco dengan gayanya yang agresif mampu membuat Marquez kehilangan fokus dan hanya berhasil menempati posisi keempat.

“Saya sudah mencoba menekan. Tapi saya penuh perhitungan dalam kondisi lintasan basah,” tutur Marc Marquez.

Selain persaingan yang sengit di lintasan, pembalap utama Repsol Honda ini juga mengeluhkan kondisi lintasan. Lintasan yang licin dan sulit diyakini menjadi faktor penting dalam kegagalannya untuk mengunci gelar juara.

“Yang penting saya sudah berusaha. Saya memulai balapan dengan sangat agresif, tetapi saya sadar kedua pembalap Ducati lebih cepat dari saya dan ketika saya berusaha menyusul Zarco, saya mengambil risiko yang besar,” tambah Marquez.

Pada kondisi lintasan yang licin, Marquez mangakui kelemahan terbesarnya yaitu brake point dan manuver di tikungan. Akselerasi Honda RC213V memang diakui sangat membantu, tapi dinilai tetap tidak mampu menyaingi Ducati.

“Saya memiliki perasaan yang tidak baik sejak sesi latihan pada Jumat lalu. Saya melihat dicato sangat bagus ketika berakselerasi tetapi kami lebih bagus ketika bermanuver di tikungan. Masalah terbesar kali ini adalah manuver di tikungan,” tambah Marquez.

Meski poin antara Marquez dan Dovizioso kembali menipis, pembalap Honda ini tidak kehilangan semangatnya. Pemilik nomor balap 93 itu merasa keputusannya untuk tidak mengambil risiko sangat tepat dan tetap puas meski tidak naik podium. [Amo/Ikh]


Komentar