Kimi Raikkonen Masih Bela Ferrari Tahun Depan Share this
F1
Mode baca

Kimi Raikkonen Masih Bela Ferrari Tahun Depan

Adi Hidayat
pada 26 Agustus 2017

Foto: Kimi Raikkonen Masih Bela Ferrari Tahun Depan

MARANELLO - Kimi Raikkonen kembali membela Ferrari pada Formula1 2018.

Walau perfomanya dianggap tidak sebaik rekan satu timnya, Sebastian Vettel, namun Ia tetap dipercaya oleh Ferrari.

Pria dengan berjuluk The Iceman saat ini duduk diposisi kelima klasemen pembalap saat ini. Ia berhasil mengumpulkan 116 poin atau tertinggal 86 dari Vettel. Meski demikian, ia berhasil merawat hubungan baik dengan perusahaan sejak kembali 2014 lalu. Tak hanya itu, Ia juga berhasil membangun hubungan baik dengan Vettel sejak kali pertama mereka dipasangkan.

Meski kalah dari rekan satu timnya dan belum pernah memenangkan balapan lagi, namun bukan berarti Raikkonen tidak berprestasi. Pada tahun 2007, Ia berhasil menjadi juara dunia bersama dengan Ferrari. Ia juga merupakan pembalap ketiga dengan start terbanyak bersama Ferrari yaitu 122 start. Ia hanya kalah dari Michael Schumacher (179) dan Felipe Massa (139).

Tak hanya itu, dalam beberapa balapan terakhir Ia juga menunjukkan kualitasnya dengan berhasil meraih podium. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Ia berhasil mendampingi Vettel sehingga membuat Ferrari berhasil meraih podium pertama dan kedua.

Pada pertandingan selanjutnya di Belgia, Raikkonen diharapkan bisa menunjukkan hasil yang baik. Pasalnya Ia sudah pernah menjadi juara di sirkuit ini sebanyak 4 kali. Jika Ia berhasil menang kembali, maka Ia menyamai rekor Ayrton Senna yang sudah menang di sirkuit ini sebanyak lima kali.

Tak hanya itu, Ia pun memiliki kesempatan untuk meraih rekor kemenangan terbanyak yang saat ini masih dimiliki Michael Schumacher dengan enam kemenangan.

Jika dibandingkan dengan pembalap lain di enam besar, maka boleh dikatakan Raikkonen memiliki sejarah paling baik. Saat ini Hamilton, dan Vettel hanya pernah menang dua kali di sirkuit ini. Sedangkan Daniel Ricciardo hanya pernah satu kali menang. Sementara Bottas dan Vertappen masih belum pernah menang di sirkuit ini.

Meski masih belum pasti, namun dikabarkan, Vettel juga akan kembali ke Ferrari tahun depan. Ini artinya, duet antara Raikkonen dengan Vettel masih bisa terus dilihat hingga akhir musim depan. Kombinasi keduanya sudah teruji dengan berhasilnya Ferrari untuk menempel ketat Mercedes-Benz dalam perebutan klasmen konstruktor.

Saat ini, klasmen konstruktor masih dipegang oleh Mercedes-Benz dengan perolehan 357 poin disusul oleh Ferrari dengan 318 poin. [Adi/Ikh]


Komentar