Kehilangan Grip dan Terjatuh, Rossi Merasa Ada yang Aneh dengan Ban Share this
MotoGP
Mode baca

Kehilangan Grip dan Terjatuh, Rossi Merasa Ada yang Aneh dengan Ban

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 16 Oktober 2017

Foto: Rossi di MotoGP Jepang 2017

MOTEGI - Valentino Rossi terjatuh di lap ke-7 dan tidak mampu menyelesaikan balapan di Sirkuit Motegi, Jepang.

Peluang Rossi untuk menjadi juara dunia MotoGP 2017 kembali sirna. The Doctor tidak mampu menyelesaikan balapan di Sirkuit Motegi, Jepang dan hanya mampu bertanding hingga lap ke-7.

VR46 memulai seri MotoGP Jepang 2017 dari posisi ke-12 dan sempat menempati posisi ke-9 sebelum terjatuh akibat adanya masalah pada sistem pengereman ban belakang. Kondisi sirkuit yang basah akibat diguyur hujan diyakini menjadi salah satu penyebab utama insiden tersebut.

“Ini merupakan insiden yang besar saat ini. Kali ini di tikungan ke 7, kemarin (ketika kualifikasi) di tikungan ke-8. Saya berada di belakang Espargaro dan kemudian mencoba untuk tidak menyerah karena saya melihat peluang sangat besar, tetapi ketika menikung ke kiri saya tidak mendapatkan grip yang sesuai. Sehingga saya seperti melaju di atas es,” tutur Valentino Rossi.

Sejak sesi latihan bebas, lintasan selalu digenangi air akibat hujan dan tim Yamaha Movistar mengaku kewalahan dalam mengatasi situasi tersebut. Selain itu Rossi yakin terdapat masalah pada motornya sejak sesi latihan karena tidak mendapatkan grip yang sesuai.

“Dengan kecepatan yang konstan, saya melaju sangat cepat. Namun ketika saya sadar dengan apa yang sedang terjadi, saya sudah berada di udara, terlempar dari motor. Saya sangat beruntung kaki saya tidak terkena efek dari insiden ini. Badan saya terasa sangat sakit di semua bagian, tapi tidak terlalu parah, jadi ini tidak masalah,” tambah Rossi.

Perpaduan antara Yamaha YZR-M1 dengan ban Michelin pada bagian belakang diyakin telah menimbulkan banyak sekali masalah di semua kondisi cuaca terlebih ketika hujan.

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, sangat sulit untuk dimengerti ketika anda berbicara dengan pihak Michelin. Tapi ketika saya mengendarai motor, saya merasakan adanya perbedaan di bagian ban karena sangat lunak dan kami menderita. Tetapi ini adalah pendapat saya, saya tidak tau kalau ini benar,” tambah Rossi.

Pihak Michelin pun membantah pendapat pembalap asal Italia tersebut dan menegaskan bahwa tidak ada ubahan yang dilakukan terhadap ban. Rossi pun semakin bingung karena ban ini mampu bekerja dengan baik di motor Honda dan Ducati tetapi menjadi masalah di motor Yamaha.

Maverick Vinales secara tidak langsung menyanggah pendapat seniornya tersebut karena juga merasakan kesulitan yang sama ketika balapan di MotoGP Jepang 2017. Vinales berhasil menyelesaikan balapan di seri kali ini dan menempati posisi ke-9. [Amo/Ikh]


Komentar