Honda Livo 2020 Lebih Gagah dari CB150 Verza Share this
Motor Baru
Mode baca

Honda Livo 2020 Lebih Gagah dari CB150 Verza

Indra Prabowo
pada 02 Juli 2020

NEW DELHI – New Honda Livo 2020 menyodorkan kesegaran untuk para penggemar naked sportbike. Dari sisi mesin, Honda Livo 2020 sudah sesuai dengan BSVI (Bharat Stage VI) di India.

Mesin 110cc, 1-silinder, 4-stroke, PGMFI (Programmed Fuel Injection), LIVO berteknologi Enhanced Smart Power (eSP) dan mengeluarkan tenaga 8,7 HP pada 7.500 rpm dan torsi 9.30 N-m pada 5500 rpm.

eSP mengintegrasikan beberapa hal:

  • ACG Starter.  Menghidupkan jantung mekanisnya kini lebih halus berkat fitur ACG Starter yang sudah diadopsi di berbagai skuter Honda di Indonesia. ACG Starter memanfaatkan generator (arus) AC yang sama  digunakan untuk menghasilkan arus dan mengisi baterai saat berkendara. Dua fitur mekanikal membuat engine start dengan sedikit usaha - yang pertama adalah pemanfaatan dekompresi yang efisien dengan katup buang sedikit terbuka (pada awal langkah kompresi) dan fitur new Swing Back yang memutar mesin ke arah sedikit berlawanan, yang memungkinkan piston untuk mengambil 'running start', membuatnya lebih mudah untuk menghidupkan mesin dengan sejumlah kecil daya.
  • PGMFI. Sistem menggunakan sensor-sensor untuk secara konstan menyuntikkan seacra optimal campuran bahan bakar dan udara yang membantu output daya konsisten, efisiensi bahan bakar tinggi & emisi lebih rendah.
  • Pengurangan gesekan: Silinder offset dan penggunaan roller rocker arm dengan bantalan jarum lebih lanjut mengurangi kerugian akibat gesekan yang tidak hanya membantu dalam output daya yang halus dan lebih baik, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Pancaran pendingin piston meningkatkan efisiensi pendinginan & mempertahankan suhu mesin yang optimal serta menambah efisiensi dan kinerja bahan bakar.

Honda Motor pun memasang ban HET Tyre (Low Rolling Resistance tyre) untuk meningkatkan efisiensi BBM (Bahan Bakar Minyak). Ban ini menggunakan compound baru dan diklaim memiliki grip lebih baik.

Dari sisi desain, Honda Livo 2020 terlihat lebih kekar dengan sepasang sirip baru, tangki bensin terpahat dan headlight (DC) baru. Motor ini pun dibekali dengan sakelar passing (lampu dim). Meter cluster yang memadukan digital dan analog telah diperbarui.

HONDA LIVO

Untuk kenyamanan pengendara dan pembonceng, Honda Motor memanjangkan jok 17mm. Suspensi belakang bisa diatur 5-step. Terdapat service indicator untuk mengingatkan pemilik waktunya perawatan.

Rem depan Honda Livio 2020 menggunakan cakram dan rem belakang masih tromol. Meski demikian, kepercayaan diri pengendara dalam pengereman diinjeksi oleh Combi-Brake System (CBS) dengan equalizer.

Honda menjual Livio dengan beberapa pilihan warna: Athletic Blue Metallic, Matte Axis Gray Metallic, Imperial Red Metallic dan Black. Harga Livo BSVI dari Rs. 69,422 atau sekitar Rp 13,3 juta di India. [Idr]

 

 

 

 

 

 

 


Komentar