Fungsi Bantalan Karet Pada Rantai Motor Share this
Tips
Mode baca

Fungsi Bantalan Karet Pada Rantai Motor

Denny Basudewa
pada 03 Maret 2020

Foto: Rantai Motor

JAKARTA - Rantai motor diciptakan berbeda-beda jenis sesuai peruntukkannya. Oleh karena itu jangan sampai salah pilih.

Seperti diketahui rantai motor memiliki fungsi untuk menyalurkan daya dari mesin ke ban, sehingga kendaraan bisa melaju sempurna. Rantai pada motor memiliki bentuk yang berbeda pada setiap jenis motor. Karena kebutuhan setiap motor juga berbeda satu dengan lainnya.

"Rantai untuk motor besar atau jenis touring memiliki bantalan karet atau ring di dalamnya. Fungsinya untuk menurunkan hawa panas ketika melakukan kinerja yang terbilang berat, termasuk touring," ucap Giman, Direktur PT Maju Gemilang Persada (MGP) selaku distributor Regina Chain di Indonesia.
Bantalan karet pada rantai pada umumnya berbentuk lingkaran sehingga kerap disebut o-ring. Pada rantai merek Regina, bantalan karet ini memiliki bentuk Z. Kedua jenis bantalan karet berfungsi sama yakni untuk melumasi rantai dan memperpanjang umur produk tersebut. Sementara bantalan karet model Z diyakini lebih baik dalam melumasi dan menahan gesekan.

Fungsi karet pada komponen tersebut selain untuk melumasi dan pada akhirnya mendinginkan suhu, juga memiliki fungsi meredam hentakan. Karet tersebut mampu memberikan sedikit peredaman sehingga tarikan motor tidak terlalu kasar.

Sedangkan rantai untuk motor bebek dan motor lain yang berkapasitas mesin kecil, disarankan menggunakan rantai tanpa bantalan karet. Selain harganya yg lebih efisien, komponen kendaraan jenis ini juga bobotnya lebih ringan. [Dew/Idr]


Komentar