Tips Merawat Rantai Motor Share this
Tips
Mode baca

Tips Merawat Rantai Motor

Denny Basudewa
pada 05 Januari 2020

Foto: Rantai Motor

JAKARTA - Rantai motor memiliki fungsi mentransfer daya dari mesin ke roda. Agar tidak menimbulkan masalah, komponen satu ini perlu mendapat perawatan khusus.

Rantai yang kondisinya baik, tidak hanya membuat penyaluran tenaga dengan sempurna. Namun memberikan kenyamanan saat berkendara. Untuk melakukan perawatan rantai motor, tidak memerlukan tenaga ahli karena prosesnya cukup mudah dilakukan sendiri.

Berikut tips merawat rantai motor yang kami rangkum dari Regina Chain Indonesia :

1. Bersihkan Rantai

Rantai rentan terkena debu dan kotoran. Apalagi ketika musim penghujan, rantai gampang kena lumpur. Jika tidak segera dibersihkan, rantai akan terasa kaku dan berisik ketika motor dikendarai. Sebabnya karena chain lube yang berfungsi melumasi sudah luntur. Oleh karena itu, rantai perlu mendapatkan perawatan rutin, minimal setelah melewati genangan air atau melintasi kawasan berdebu, rantai perlu disiram dengan air bersih agar terhindar dari karat.

2. Pelumas

Setelah dibersihkan dari kotoran, jangan lupa lumasi kembali rantai dengan cairan khusus rantai motor. Jangan sekali-kali gunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Karena justru akan membuat kotoran lebih mudah menempel. Rantai motor perlu dilumasi setidaknya setiap seminggu sekali agar tidak mudah kendur.


3. Kencangkan Rantai

Nah, jika rantai sudah dirasa kendur, maka wajib disetel ulang ketegangannya. Jarak main bebas (free play) rantai motor sendiri berkisar 2,5 sampai 3 cm. Untuk mengetahui cara mengencangkan rantai yang kendur, Otolovers perlu melihat buku panduan ya, karena setiap motor belum tentu menggunakan kunci pas yang sama untuk menyetel ketegangan rantai. [Dew/Idr]


Komentar