Astra & FIFGROUP Resmikan Bank Wakaf Mikro di Jayapura Share this
Berita Motor
Mode baca

Astra & FIFGROUP Resmikan Bank Wakaf Mikro di Jayapura

Indra Prabowo
pada 30 April 2019

JAKARTA – Guna mendukung program OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk meningkatkan inklusi keuangan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pondok pesantren dan pedesaan, PT Astra International Tbk (Astra) dan PT Federal International Finance (FIFGROUP), mendirikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Honai Sejahtera Papua Pondok Pesantren Ya Bunayya – Jayapura.

BWM yang diresmikan kemarin (29/4) tersebut merupakan BWM keempat dari Grup Astra. Tiga BWM sebelumnya Astra berkolaborasi dengan PT Astra Sedaya Finance (ACC) menjadi donatur BWM pertama BWM Minhajut Thullab, Banyuwangi. BWM Kedua, Astra menggandeng  PT Federal International Finance (FIFGROUP) untuk Bank Wakaf Mikro di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang. BWM ketiga, Astra dan PT Asuransi Astra Buana untuk Bank Wakaf di Pondok Pesantren As’ad, Jambi.

BWM pertama Astra diresmikan pada 28 Januari 2019, BMW kedua pada 23 Februari 2019, dan BWM ketiga pada 3 April 2019.

“Tujuan dari pendirian BWM di Jayapura sangat sesuai dengan misi perusahaan yaitu bring a better life to the community atau membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Pertumbuhan FIFGROUP tentunya tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh masyarakat, dimana FIFGROUP PEDULI memiliki 4 pilar yang terdiri dari pendidikan, kesehatan, lingkungan serta pemberdayaan ekonomi masyarakat,” kata CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya.

BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Hingga Desember 2018, OJK telah memberikan izin pendirian 41 bank wakaf mikro. [Idr]


Komentar