Ami, Mobil Listrik Mungil dengan Harga Murah Share this
Mobil Baru
Mode baca

Ami, Mobil Listrik Mungil dengan Harga Murah

Ahmad  Richad
pada 02 Maret 2020

PARIS - Pabrikan mobil asal Prancis, Citroen, mengenalkan kendaraan listrik Ami. Kendaraan mungil ini hanya berkapasitas dua penumpang.

Dengan label light quadricycle atau kendaraan beroda empat yang ringan, Citroen Ami boleh dikendarai oleh remaja berusia 14 tahun yang tidak mempunyai Surat Izin Mengemudi (SIM). 

“Tahun ini, kami telah menghadirkan solusi mobilitas perkotaan baru yang dapat diakses oleh semua orang. Kecil, protektif, 100 persen listrik, bisa dikendarai tanpa SIM, dan terjangkau. Mobil ini menjadi terobosan nyata mobilitas perkotaan,” kata Vincent Cobee, selaku Brand CEO Citroen.

Untuk ukuran dimensinya, city car yang dibangun di atas platform purwarupa Ami One Concept ini, mempunyai panjang 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.520 mm. Dengan ukuran roda berdiameter 14 inci. 

Sementara bagian dapur pacunya, Citroen Ami dilengkapi baterai 5,5 kWh dan motor 6 kW yang menjanjikan tenaga sebesar 8 hp. Mobil ini diklaim mampu menempuh jarak 70 km dan kecepatan tertinggi 45 km/jam. Baterai Ami juga diklaim dapat diisi penuh hanya dalam tiga jam saja.

Mengenai bandrolnya, mobil ramah lingkungan ini dijual dengan harga €6.000 atau setara dengan Rp 95 jutaan. Uniknya lagi, Citroen juga menyewakan Ami dengan tarif €19.99 atau setara dengan Rp 315 ribu per bulan dengan down payment €2,644 (Rp 42 jutaan).

Sebagai informasi, harga Citroen Ami ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan pesaingnya dari Renault Twizzy, yang saat itu dipatok hingga Rp 122,9 jutaan untuk varian termurahnya. [Ric/Idr]


Komentar