Lambretta Dibuat oleh Seorang Pembenci Motor Share this
Berita Motor
Mode baca

Lambretta Dibuat oleh Seorang Pembenci Motor

Denny Basudewa
pada 24 April 2019

Foto: Lambretta

JAKARTA – Lambretta secara resmi mengaspal di Indonesia di bawah bendera Skuter Motor Indonesia (SMI).

Masuk ke Indonesia, brand sepedamotor asal Italia tersebut menawarkan kendaraan yang memiliki bentuk unik dan nilai-nilai yang menjadi ciri khasnya. Dengan memboyong 2 varian skutik model V-Special (V200 dan V125) dari pabriknya di Vietnam, Lambretta siap menjadi pilihan baru penggemar skuter di Tanah Air.

Lambretta lahir pertama kali ke dunia pada 1947 dari tangan seorang aeronautical engineer yang membenci kendaraan roda dua yang akrab disapa motor. Adalah corradino D'Ascanio, sosok perancang desain awal Lambretta yang cukup visioner. Ia didapuk untuk membuat rancangan awal kendaraan oleh Fernandino Innocenti sebagai pemilik pabrik.

Keinginannya saat membuat rancang bangun sepedamotor sebenarnya sangat sederhana. Ia mengembangkan kendaraan yang kuat namun terjangkau untuk semua orang. Selain itu motor buatannya juga harus mudah dikendarai baik oleh pria maupun wanita. Lebih jauh kendaraan ini juga diharapkan bisa mengangkut penumpang serta tidak membuat pakaian pengemudi kotor.

Lambretta adalah sebuah brand lifestyle yang memiliki daya tarik tersendiri, legacy serta semangat untuk berinovasi tanpa henti,” ungkap Ade Sulistioputra, CEO PT Brum Brum (induk PT SMI) di Jakarta (23/04/2019).

Unit yang pertama diperkenalkan pada 1947 adalah Lambretta 125 M (A model). Sepedamotor tersebut mengusung mesin 125 cc yang dikawinkan dengan transmisi tiga percepatan dan gearshiftter di bagian kaki.

Kemudian dengan nakhoda baru yakni Nuccio Bertone, Lambretta terus berkiprah dengan produk-produk unggulannya. Hingga pada akhirnya harga mobil di Italia ditawarkan dengan harga murah, kemudian Lambretta memutuskan untuk menutup pabriknya pada 1970-an.

Setelah 40 tahun berselang, Lambretta kembali berbisnis. Dengan semangat dan filosofi yang sama, brand ini terus mengembangkan berbagai model kendaraan dan dipasarkan ke seluruh dunia. Pada 2019 merupakan momen penting karena Lambretta masuk ke Indonesia dan menyapa para penggemarnya. [Dew/Idr]


Komentar