Ducati E Rossa Electric Concept Futuristik Banget Share this

Ducati E Rossa Electric Concept Futuristik Banget

Denny Basudewa
pada 04 September 2019

Foto: Ducati E Rossa Electric Concept

PARIS – Sepedamotor listrik Ducati hasil racikan Romain Gauvin tampil dengan desain futuristik.

Gauvin sendiri merupakan desainer senior Citroen. Karir profesionalnya kerap menghadirkan karya-karya mutakhir yang mengagumkan. Ia juga sangat terobsesi dengan kendaraan listrik sehingga dalam meracik gambar motor listrik Ducati, hasilnya sangat jauh di atas ekspektasi.

Kenapa kami menyembutnya sangat futuristk, karena rancang bangun kendaraan ini sungguh tidak biasa dengan motor pada umumnya. Dari depan kami melihat lampu jenis LED berbentuk pipih dan sedikit tertutup oleh topi kecil berbahan plastik.

Lampu tersebut diapit oleh dua batang besar yang menutupi bagian suspesni depan. Melirik sedikit ke samping, terlihat bodi yang menyatu dengan cover tangki bahan bakar. Namun sekali lagi ini adalah motor listrik, sehingga keberadaan tangki bahan bakar sudah dipastikan absen.

Sebagai gantinya ruang tersebut adalah tempat untuk menyimpan baterai dan motor listrik untuk menggerakkan kendaraan. Lanjut ke sektor buritan, motor hasil ramuan Gauvin ini menggandalkan satu suspensi dan posisinya terletak di antara rangka. Hal ini dikarenakan lengan ayun motor ini menggunakan model monoarm layaknya produk-produk Ducati lainnya.

Rangka hingga swingarm motor listrik konsep ini menggunakan bahan karbon yang sudah pasti bobotnya lebih ringan. Jok pada kendaraan ini terlihat simpel dan mengambang di atas lengan ayun. Tapak dari jok menggunakan model kotak-kotak yang klasik sehingga cukup kontras dengan tampilan bodi motor.

Uniknya lubang pengecasan baterai pada motor ini terletak di bagian bawah jok. Tidak ada keterangan lebih jauh untuk kuda besi bertenaga listrik dari Ducati. Maklum saja karena semua ini merupakan hasil karya kreatif seorang desainer saja.

Ducati memang dikatakan tengah mengembangkan motor listrik murni. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan lebih lanjut akan hadirnya kendaraan masa depan Ducati. [Dew/Idr]


Komentar