Stoner Luncurkan Ducati 1299 Superleggera Limited Edition Share this
Motor Baru
Mode baca

Stoner Luncurkan Ducati 1299 Superleggera Limited Edition

Denny Basudewa
pada 08 November 2016

Foto: Casey Stoner Meluncurkan Ducati 1299 Superleggera Limited Edition

MILAN – Casey Stoner meluncurkan Ducati 1299 Superleggera Limited Edition di EICMA 2016 yang berlangsung di Kota Milan, Italia mulai 8 – 13 November.

Brand ambassador Ducati tersebut dengan bangga memperlihatkan sepedamotor yang dibuat hanya 500 unit tersebut. Ducati 1299 Superleggera sendiri merupakan motor jalan raya pertama yang menggunakan rangka, swing arm, subframe dan lingkar roda dari serat karbon.

Ducati 1299 Superleggera Limited Edition hanya memiliki bobot sebesar 156 kilogram. Dengan bobot ringan, pabrikan motor asal Italia tersebut menyematkan mesin dua-silinder Desmodromic yang diklaim paling bertenaga (215 hp).

Kuda besi ini semakin eksklusif, dengan penggunaan paket elektronik baru yang menggunakan platform sistem inersia dengan enam sumbu (6D IMU – Inertial Measurement Unit). Perangkat ini menjamin kinerja sistem elektronik kendaraan semakin baik.

Sistem tersebut juga memungkinkan mereka untuk mengembangkan perangkat Ducati Traction Control EVO (Ducati EVO). Perangkat ini pertama kalinya dikenalkan pada 1299 Panigale S Aniversario. Mereka juga menyematkan perangkat Ducati Slide Control (DSC) yang menjamin motor lebih stabil saat keluar masuk tikungan.

Ducati 1299 Suerleggera merupakan motor pertama yang menggunakan teknologi Ducati Power Launch (DPL). Fitur tersebut bersanding dengan Engine Brake Control (EBC) pada versi Ducati sebelumnya.

Urusan suspensi, Ducati 1299 Superleggera menggunakan sistem peredam kejut dari Ohlins FL963 pada bagian depan. Sementara bagian belakang, suspensi Ohlins TTX36 dipercaya mengatur pergerakan rmotor. Kemudian untuk pengereman kaliper Brembo MX50 bersanding dengan cakram berukuran 330mm.

Guna mendapatkan salah satu dari 500 unit tersebut, calon konsumen harus mengeluarkan dana sebesar US$ 80.000 atau sekitar Rp 1,04 miliar. [Dew/Ikh]


Komentar