Setahun Tak Ada Kabar, Bagaimana Nasibmu Proyek Mobil Nasional? Share this
Berita Mobil
Mode baca

Setahun Tak Ada Kabar, Bagaimana Nasibmu Proyek Mobil Nasional?

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 05 Februari 2016

JAKARTA – Satu tahun lalu, Esemka menandatangani kerjasamana dengan perusahaan milik AM Hendropriyono PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL). Kerjasama ini seakan memberi secercah harapan akan keberlangsungan mobnas di Indonesia. Namun hingga saat ini, proyek ini pun seakan hilang dari pandangan dan tak terdengar lagi.

Pada 6 Februari 2015, ACL (kini menjadi PT Adiperkasa Citra Esemka karena menggandeng produsen  mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi) menandatangani kerjasama pengembangan proyek otomotif (mobnas) dengan Proton Holding Berhad.

Guna menunjukkan keseriusannya, Presiden Republuk Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak, serta mantan perdana menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Herman Prayitno dan Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Seri Zahrain Mohamed Hashim menyaksikan secara langsung penandantangaan kerjasama antara pihak ACL yang diwakili oleh Abdullah Mahmud Hendropriyono serta CEO Proton Holding Berhad Daruk Abdul Harith Abdullah, di Malaysia.

Kerjasama ini merupakan buah kerja keras yang telah dilakukan selama dua tahun sebelum kesepakatan terealisasi. PT Citra Adiperkasa Esemka tertarik dalam pengembangan proyek otomotif ini karena komitmen perusahaan swasta asal negeri jiran tersebut yang ingin melakukan transfer teknologi.

Konon kabarnya, pada tahap awal kerja sama studi kelayakan telah dilakukan untuk enam bulan pertama, dimulai dengan pendaftaran komponen yang bisa diproduksi di Tanah Air.

Keseluruhan komponen mobil yang akan diproduksi, berasal dari Indonesia. Tujuan akhirnya, menyerap sebanyak-banyaknya tenaga kerja Indonesia dan membuat Indonesia mampu memproduksi mobil sendiri.

Sayangnya, hingga setahun berjalan tak ada kabar lagi dari Esemka. Bahkan bisnis Proton di Indonesia pun terhitung lesu.

Pertanyaan pun muncul. Bagaimana nasib proyek mobil nasional dan Esemka yang pernah dipopulerkan oleh Jokowi? [Syu/Idr]

Tambahan: Ketika kami berkunjung ke kantor ACE di Menara Kuningan lantai 29, Jakarta Selatan, Jumat lalu (5/2), tak satu orang pun mau memberikan komentar mengenai proyek Mobil Nasional, bahkan seorang Satpam tidak mengizinkan Mobil123 memfoto lobi kantor ACE.

Source : Apakah Proyek Mobil Nasional Hilang Seperti Ditelan Bumi?


Komentar