Terlalu Seksi, Umbrella Girl Potensi Sirna dari MotoGP Spanyol

Umbrella Girl Potensi Sirna dari MotoGP Spanyol
Umbrella Girl MotoGP Spanyol

BARCELONA – Umbrella girl dari MotoGP Catalunya, Spanyol potensi sirna setelah partai politik Spanyol, Iniciativa per Catalunya Verds (ICV) menyerukan keberadaan deretan wanita cantik itu sekedar objek seksual.

Partai Catalan ICV dikabarkan telah melayangkan surat ke Dewan Kota di Montmelo, Spanyol beberapa waktu lalu. Inisiatif ICV ini bertujuan untuk mengakhiri tradisi yang dinilai buruk pada setiap penyelanggaraan MotoGP Spanyol.

Isu ini datang menjelang pergelaran MotoGP Catalunya, Spanyol yang akan digelar di Sirkuit Catalunya, Barcelona pada 11 Juni 2017.

Sebelumnya, desakan melarang grid girl di lintasan MotoGP Catalunya juga datang dari organisasi Ganemos Jerez menjelang MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 7 Mei. Namun usulan organisasi tersebut tidak berhasil menyingkirkan gadis-gadis seksi dari lintasan.

Berbeda dengan yang dilakukan Ganemos Jerez, ICV sendiri menginginkan agar gadis payung MotoGP Spanyol menggunakan pakaian lebih sopan, diberi peran lebih dari sekedar perempuan berpakaian seksi, normalisasi gender dengan menambahkan pria di lintasan.

Apa yang dilakukan ICV dan Ganemos Jerez ini tentu bisa mengubah wajah event MotoGP sepanjang penyelenggaraanya di Spanyol. Sebab kehadiran para umbrella girl di MotoGP sangat erat hubungannya.

“Peran yang dimainkan gadis grid di Sirkuit Catalunya tidak sesuai dengan abad ke-21, yaitu sebuah masyarakat yang bertujuan modern dan egaliter,” kata Jordi Manils dari ICV.

“Apa yang dilakukannya adalah mengeksploitasi wanita di mana saat itu mereka hanya menjadi objek pelengkap situasi.”

Saat ini situasinya sedang panas antara ICV, Ganemos Jerez dan pemerintah Kota Montmelo serta pihak Dorna sebagai promotor yang sudah menggelar MotoGP Catalunya, Spanyol sejak 1992. Sukseskan pemerintah Kota Montmelo mendesak Dorna meniadakan umbrella girl. Kita lihat saja kabar selanjutnya. [Ikh/Ikh]

Sumber: motorsport