Nomor 58 Milik Simoncelli Resmi Dipensiunkan Share this
MotoGP
Mode baca

Nomor 58 Milik Simoncelli Resmi Dipensiunkan

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 10 September 2016

Foto: Nomor 58 milik Simoncelli

MISANO - Sebagai penghormatan untuk mendiang Marco Simoncelli, nomor 58 resmi dipensiunkan dari gelaran MotoGP. Simoncelli mulai menggunakan nomor tersebut sejak 2003 ketika Ia turun balap di kelas 125cc.

Pengumuman resmi dilakukan penyelenggara MotoGP, Dorna dalam sebuah acara sederhana jelang San Marino MotoGP 2016 di Misano yang dihadiri oleh ayah Simoncelli, Paolo Simoncelli.

Nomor 58 terakhir terlihat di kompetisi balap motor kasta tertinggi pada MotoGP Malaysia 2011, dan digunakan Simoncelli untuk memperkuat tim Gresini Racing. Naas, saat itu juga Ia meninggal dunia di usia 24 tahun akibat kecelakaan fatal.

Sejak saat itu, nomor 58 tidak pernah menghiasi gelaran MotoGP kecuali Loris Capirossi yang pernah memakai nomor itu di MotoGP Valencia 2011, sebagai penghormatan untuk Simoncelli. Itu pun sekaligus menyambut masa pensiun pria kelahiran Italy 43 tahun silam dari MotoGP.

"Hari ini kami nyatakan mulai sekarang nomor ini menjadi milik keluarga Simoncelli. Tidak ada yang akan memakainya, kecuali mereka memutuskan bahwa seseorang bisa memakai nomor ini," ujar CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta.

Seperti diketahui, nomor 58 menjadi nomor kelima yang dipensiunkan dari dunia MotoGP setelah 48 dan 74 yang masing-masing untuk menghormati Shoya Tomizawa dan Daijiro Kato. Sementara itu nomor 34 dan 65 yang dimiliki Kevin Schwantz dan Loris Capirossi. [Ikh]

Sumber: Crash.net


Komentar