Bukti Kejayaan Ferrari Selama 70 Tahun

MARANELLO – Ferrari merayakan hari jadi ke-70 tahun dengan menunjukkan mobil-mobil yang pertama kali diproduksi oleh Enzo Ferrari.

Ferrari 125 S menjadi mobil pertama hasil kreasi Enzo Ferrari dan menjadi awal mula perjalanan brand berlogo Kuda Jingkrak ini di dunia otomotif. Brand ini berkembang dengan cepat dan berhasil dikenal di seluruh dunia dengan mengusung ikon ‘Made in Italy’.

Dalam rangka merayakan ulang tahun ini, Ferrari juga membuat sebuah video di mana 125 S berjalan di sekitar pabrik Via Abetone Inferiore. Video ini juga menjadi penanda pemindahan tongkat warisan Ferrari kepada LaFerrari Aperta.

Ferrari 125 S merupakan sports car pertama yang menggunakan mesin 12-silinder. Mesin berperforma ini didesain oleh Gioacchino Colombo, Giuseppe Busso dan Luigi Bazzi. Pada 12 Maret 1947, mobil ini masih menggunakan chassis baja bulat dan memiliki suara mesin sangat keras.

Pada 11 Mei 1947, 125 S melakukan debut di Sirkuit Piacenza yang dikemudikan oleh Franco Cortese. Namun pada debut ini, Enzo Ferrari merasa sangat kecewa karena adanya kendala di bagian fuel pump sehingga tidak dapat melanjutkan kompetisi balap pertamanya.

Kegagalan tersebut tidak berlangsung lama, pada 20 Mei 1947 Franco Cortese berhasil mengemudikan 125 S menjadi yang terbaik di Rome Grand Prix. Prestasi ini terus berlanjut sepanjang 1947 dan berhasil menyabet enam gelar juara.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, Ferrari menghadirkan kembali masa kejayaan 125 S dalam diri LaFerrari Aperta. Aperta diyakini memiliki sisi unik dan layak menjadi penanda kejayaan brand ini selama 70 tahun.

LaFerrari Aperta merupakan new limited-edition spesial series model yang didedikasikan untuk konsumen setia di seluruh negara. Terdapat Aperta versi Spider guna memperkuat karakter supercar LaFerrari.

Supercar edisi khusus ini diklaim akan memberikan performa maksimal dan melebihi ekspektasi konsumen. Supercar hybrid ini dipersenjatai dengan mesin V12 6.262 cc yang mampu menghasilkan tenaga 789 hp, sedangkan dua motor listrik 120 Kw mampu menghasilkan tenaga 160 hp dan total tenaga pada supercar ini 949 hp.

Selain menghadirkan supercar ini, LaFerrari juga mengusung konsep ‘Driven by Emotion’ di seluruh negara. Konsep ini bertujuan untuk menunjukkan pengalaman berkendara, style, performa, teknologi dan sejarah brand ini. [Amo/Ikh]

Comments