Menyimak All-new Honda CR-V 7-seater di BIMS 2017 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Menyimak All-new Honda CR-V 7-seater di BIMS 2017

Krisna Arie
pada 29 Maret 2017

Foto: All-new Honda CR-V di Bangkok Motor Show 2017

BANGKOK - Salah satu yang menarik perhatian Bangkok International Motor Show (BIMS) adalah diluncurkannya all-new Honda CR-V 7-seater.

Dilaporkan wartawan Otospirit.com dari tempat pameran BIMS 2017, bahwa SUV ini menyuguhkan beberapa ubahan di bagian eksterior dan interior. Ubahan-ubahan tersebut disebut akan membantu penjualan CR-V di Negeri Gajah Putih.

Pasar SUV di Thailand belakangan disebut memiliki peluang yang menjanjikan. Angka penjualannya mulai menunjukkan peningkatan dan diprediksi bakal bersaing dengan sedan dan double cabin.

Thailand sendiri menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat dan Kanada yang menjual all-new Honda CR-V. Dan secara umum dapat menjual kendaraan dengan tampilan serta spesifikasi relatif sama jika dibandingkan yang ada di daratan Amerika Utara.

Generasi kelima dari all-new Honda CR-V memiliki tampilan bonnet yang lebih tegas dibandingkan pendahulunya. Bersanding dengan lampu utama yang terintegrasi LED pada depan dan belakang. Selain itu bagian pilar A pada CR-V terbaru ini memiliki sudut yang lebih landai, membuat pandangan pengemudi menjadi lebih luas. Tampilan secara keseluruhan ditutup oleh desain lingkar roda baru dengan pilihan ukuran 17-18 inci.

Honda kembali membuat komposisi penumpang all-new CR-V menjadi 7-penumpang atau 2-3-2. Ini seperti mengembalikan kenangan kepada Honda CR-v generasi kedua yang di pasar Indonesia masuk di sekitar 2003.

Bangku baris ketiga sendiri dapat dilipat rata 50:50 sehingga cukup fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan. Catatan kecil, ruang bangku ketiga hanya memiliki ukuran pas-pasan untuk orang dewasa. Lainnya, desain dasbor secara umum memandukan nuansa elegan dan simpel.

Highlight terakhir jatuh pada hadirnya varian dengan mesin diesel. Honda mempercayai sumber tenaga berbahan bakar solar berkapasitas 1.6 liter N16 DOHC i-DTEC turbodiesel. Memiliki ternaga 160 hp dan torsi 350 Nm.

Sebagai penyalur tenaga ke roda dipercayakan transmisi ZF 9-speed. Yang unik, khusus varian diesel tak ada tuas transmisi namun digantikan dengan transmisi elektronik, paddle shift dan juga iddle start stop.

Konsumen di Thailand juga mendapat tawaran varian bensin dengan mesin 2.4 liter DOHC i-VTEC yang dipadukan transmisi berteknologi CVT. Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin ini 175 hp dan torsi 225 Nm.

Honda Thailand membandrol all-new Honda CR-V dengan masing-masing harga mulai dari 1.399 juta baht (Rp 560 juta) hingga 1.699 juta baht (Rp 679 juta).

Bagaimana dengan Indonesia ?, ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 sepertinya akan digunakan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk meluncurkan all-new Honda CR-V. Dan sudah bisa dipastikan hanya akan dijual  versi mesin bensin karena PT HPM belum tertarik untuk meluncurkan versi mesin diesel di Indonesia. [Ari/Ikh]


Komentar