Hyperloop Janjikan Perjalanan Jakarta – Jogja Hanya 28 Menit Share this

Hyperloop Janjikan Perjalanan Jakarta – Jogja Hanya 28 Menit

Denny Basudewa
pada 28 Februari 2018

Foto: Kapsul Hyperloop

WASHINGTON DC – Proyek Hyperloop telah mendapat lampu hijau untuk segera direalisasikan, dengan iming-iming dapat memindahkan orang dengan jarak 500 kilometer (Jakarta -  Yogyakarta), dalam waktu 28 menit saja.

Hal ini dikatakan sebagai perwujudan dari ide Elon Musk, terkait alat transportasi bawah tanah. Salah satu orang penting di Tesla tersebut, memimpikan untuk merancang Hyperloop sebagai transportasi masal super cepat.

Hyperloop Transportation Technologies baru saja menandatangani kontrak dengan Northeast Ohio Areawide Coordinating Agency (NOACA), dan Illinois Department of Transportation, untuk memulai studi terkait realisasi alat transportasi super cepat tersebut.

Dengan menggunakan bendera Boring Company, Hyperloop diharapkan mampu memindahkan banyak orang dari Cleveland ke Chicago, hanya dalam waktu 28 menit saja. Untuk diketahui bahwa jarak kedua kota tersebut sekitar 500 kilometer.

Direktur NOACA Grace Galluci, mengatakan bahwa Cleveland.com akan mendanai studi tersebut di atas sejumlah Rp 8,1 miliar.

“Bekerjasama dengan Hyperloop Transportation Technologies dan IDOT sangatlah menyenangkan. Alat transportasi dari Chicago ke Cleveland akan lebih baik, cepat dan efisien dengan menggunakan Hyperloop,” ucap Galluci.

Dikatakan bahwa studi mengenai alat transportasi canggih ini membutuhkan waktu 6 hingga 12 bulan. Mereka telah mensurvei sekitar 10 lokasi mengenai rencana mengadakan Hyperloop tersebut. [Dew/Ari]


Komentar