Carmor Mantis APC Kendaraan Perang Modern Share this
Berita Mobil
Mode baca

Carmor Mantis APC Kendaraan Perang Modern

Denny Basudewa
pada 25 Juni 2018

Foto: Mantis APC

PARIS – Mantis berencana untuk menghadirkan Armored Personnel Carrier (APC), pada pameran alat-alat militer di Paris, Perancis, bulan depan.

Manufaktur asal Israel ini merancang kendaraaan taktis, dengan desain modern dan diklaim punya kemampuan lebih baik daripada kompetitornya. Dikatakan bahwa Carmor merupakan kendaraan bersenjata yang memiliki bobot total di bawah sembilan ton dan masuk ke dalam pasar cukup besar di segmennya.

“Kami memutuskan untuk membuat kendaraan lapis baja multitasking yang mampu menavigasi berbagai medan dan memberikan solusi dari berbagai kondisi perang,” ucap CEO Mantis Eitan Zayit, seperti dikutip Ynet.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa tahun terakhir kondisi peperangan telah berubah. Kendaraan ini diperlukan untuk melakukan kegiatan seperti pengintaian, penyerangan, intelijen dan membawa obat-obatan.

“Kami membangun kendaraan berbasis modular yang memungkinkan untuk melakukan banyak kegiatan. Oleh karena itu kami memilih semacam kapsul perisai yang berfungsi sebagai sasis. Hal ini berguna untuk memberikan dinamisme tingkat tinggi selain bobotnya yang rendah,” jelasnya kemudian.

Dikatakan bahwa keunggulan Mantis antara lain adalah mengoperasikan sistem navigasi di medan teknis, melaju dengan cepat di jalan raya, Bermanuver dengan lincah jika dibutuhkan di lingkungan perkotaan yang padat.

Lebih lanjut Mantis merancang kendaraan ini untuk bisa tahan terhadap ranjau darat dan bahan peledak rakitan. Di dalam kabin, Mantis mampu melindungi penumpang dari berbagai serangan seperti biologis maupun kimia.

Sementara kursi pengendara di tempatkan pada bagian tengah sehingga mendapatkan visibilitas lebih baik. Sedangkan untuk ruang mesin dibuat cukup ramping untuk mendukung pandangan pengendara.

Pameran alat-alat militer (Eurosatory defense and security international exhibition), sejatinya akan dihelat di Paris bulan depan. [Dew/Ari]


Komentar