Tesla Kembangkan Baterai yang Bertahan Hingga 1,6 Juta Km Share this
Berita Mobil
Mode baca

Tesla Kembangkan Baterai yang Bertahan Hingga 1,6 Juta Km

Ahmad  Richad
pada 09 March 2020

MICHIGAN - Tesla baru-baru ini dilaporkan tengah bekerjasama dengan sekelompok tim dari Universitas Dalhousie di Kanada. Mereka mengembangkan baterai listrik yang sanggup menempuh jarak lebih dari 1 juta mil.

Hal ini tertuang dalam dalam sebuah makalah yang diterbitkan oleh Universitas Dalhousie, bahwa saat ini mereka tengah menguji kimia sel baterai lithium-ion kendaraan listrik (electric vehicle/EV) untuk jarak tempuh selama lebih dari 1 juta mil atau sekitar 1,6 juta kilometer.

Dilansir dari media Carscoops, CEO Tesla, Elon Musk, mengatakan paket baterai 1 juta mil itu bisa sangat berguna untuk truk jarak jauh yang sering dikendarai hingga 150.000 mil per tahun. Namun untuk segmen mobil penumpang, baterai ini kurang banyak manfaatnya karena umur rata-rata untuk sebuah mobil di Amerika Serikat hanya 150.000 mil.

Elon juga mengklaim baterai baru ini nantinya akan jauh lebih unggul dari kebanyakan baterai lithium-ion yang digunakan pada mobil listrik saat ini.

Keunggulan teknologi lithium-ion yang sedang dikembangkan ini hanya kehilangan 5 persen dari kapasitasnya setelah melalui 1.000 siklus pengisian dan masih menampung 90 persen dari kapasitasnya meskipun telah mengalami 4.000 siklus pengisian. 

Sebagai perbandingan, baterai 100 kWh yang saat ini digunakan oleh Model S dan Model X, performanya diklaim hanya bertahan di antara 1.000 - 2.000 siklus pengisian.

Lebih lanjut dijelaskan, baterai baru ini tersusun dari struktur kristal katoda dan susunan kimiawi baru yang lebih tahan dari kerusakan akibat siklus pengisian daya. Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan kepadatan energi dan efisiensi jauh mengungguli baterai yang digunakan saat ini.

Elon menambahkan, meskipun saat ini sebagian besar produsen kendaraan listrik lebih menyukai teknologi baterai solid-state, tapi dia percaya bahwa teknologi lithium-ion memiliki masa depan yang lebih menjanjikan. [Ric/Idr]


Komentar