Demi Saingi Tesla, VW Rilis ID.4 Share this
Mobil Baru
Mode baca

Demi Saingi Tesla, VW Rilis ID.4

Ahmad  Richad
pada 05 Maret 2020

WOLFSBURG - Volkswagen (VW) mengenalkan sport utility vehicle (SUV) compact ID.4. Mobil listrik ini digadang-gadang akan saingi dominasi Tesla di pasar kendaraan listrik.

Peluncuran SUV dengan tenaga sepenuhnya listrik ini, diharapkan dapat membantu tercapainya target produksi VW 1,5 juta mobil listrik pada 2025. Dan jumlah ini tiga kali lebih besar dari penjualan Tesla di seluruh dunia pada tahun lalu.

“Sama seperti ID.3, ID.4 juga akan datang ke pasar sebagai kendaraan netral karbon dan dua mobil kami ini. Merupakan tonggak penting dalam upaya VW untuk menjadi produsen mobil netral karbon pada tahun 2050,” kata Ralf Brandstätter, Chief Operating Officer merek Volkswagen. 

Jika dilihat secara sekilas desain SUV tanpa emisi ini sangat aerodinamis, dengan dibalutkan dominasi warna biru. Pada bagian ujung depannya dilengkapi dengan grille berwarna hitam, serta terdapat pula lampu depan yang sudah Full LED.

Bergerak ke belakang, kita dapat melihat bagian body yang sedikit bongsor. Terdapat juga pegangan pintu yang lumayan ramping. Sorotan lain termasuk lampu belakang yang memanjang dan dilengkapi juga dengan spoiler.

Tidak ada rincian pasti mengenai dapur pacu dari ID.4 ini, namun saat ini VW tengah mengembangkan mesin full listrik, hybrid dan sistem hybrid plug-in. Bisa jadi mobil ini nanti akan diproduksi dengan tiga tipe mesin tersebut.

Sebagai informasi, Volkswagen sudah menginvestasikan $ 800 juta (Rp 114 miliar) untuk membangun tempat perakitan mobil baterai ID.4 yang berada di pabrik mereka di Chattanooga, Tennessee mulai tahun 2022 mendatang. [Ric/Idr]


Komentar