Pastikan Mobil Tetap Aman Meski Anda di Rumah Share this
Tips
Mode baca

Pastikan Mobil Tetap Aman Meski Anda di Rumah

Ahmad  Richad
pada 28 April 2020

JAKARTA - Di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya dengan #DiRumahAja, namun risiko kejahatan tidak memandang waktu dan lokasi. 

Pencurian kendaraan bermotor dan aksi kejahatan yang terjadi, tentu menuntut kita untuk meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan langkah-langkah untuk mengantisipasinya.

Berikut beberapa tips keamanan dari Asuransi Garda Oto yang dapat membantu mobil kesayangan Anda agar lebih aman, walau hanya #DiRumahAja.

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman

Masih banyak anggapan bahwa memarkir mobil di rumah jauh lebih aman daripada di tempat umum. Faktanya, tak sedikit kasus pencurian yang berhasil mencuri mobil dari rumah korban. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan keamanan garasi dengan menempatkan kamera CCTV.

Namun jika mau parkir di tempat umum, pilihlah lokasi yang dekat dengan pusat keramaian. Akan lebih baik jika tempat tersebut terpantau oleh kamera CCTV. Hindari untuk memilih tempat parkir yang sepi dan gelap karena akan rawan pencurian. 

2. Pasang alarm & gunakan kunci tambahan

Alarm merupakan pelindung paling umum yang wajib Anda miliki. Meski tak sedikit pencuri yang berhasil mengakali sistem alarm, namun alarm bekerja efektif dalam memperlambat aksi pencurian. Dan disarankan juga untuk menggunakan kunci tambahan yang biasanya dipasang pada stir ataupun roda kendaraan.

3. Tidak meninggalkan barang berharga di mobil

Cara ini bertujuan untuk tidak mengundang perhatian pencuri untuk membobol mobil Anda. Hindari untuk menyimpan banyak barang di dalam mobil, jika terpaksa cobalah untuk menyembunyikan barang-barang di tempat yang tidak terlihat langsung dari luar kaca mobil.

4. Lakukan double-check

Sebelum meninggalkan mobil, lakukan pengecekan ulang. Pastikan jendela dan pintu sudah tertutup rapat semua dan alarm sudah dalam kondisi menyala. Meskipun terlihat merepotkan, tetapi dengan menerapkan cara ini setiap hendak meninggalkan mobil Anda, dapat menurunkan risiko kehilangan kendaraan.

5. Gunakan GPS

Ingin lebih aman? Disarankan untuk memasang GPS tracker, alat ini berfungsi untuk melacak jejak kendaraan dan memantau posisi mobil Anda secara real time. Seandainya jika mobil Anda hilang, alat ini dapat membantu mengetahui posisi mobil Anda.

6. Letakkan kunci mobil jauh dari pintu masuk

Jika di rumah, jangan menaruh kunci mobil di dekat pintu masuk. Simpanlah kunci mobil pada tempat yang tidak mudah dijangkau oleh pencuri, karena hal ini akan memperlambat ruang gerak dari pencuri.

7. Asuransikan mobil

Langkah terakhir ini dapat dilakukan untuk memberikan proteksi lebih pada mobil kesayangan Anda dan memberikan peace of mind. Karena mobil yang hilang akibat tindak pencurian akan di cover oleh pihak asuransi baik dengan kekerasan ataupun tidak.

“Untuk asuransi mobil, Anda dapat mempertimbangkan Garda Oto sebagai pilihannya. Terdapat perlindungan Total Loss Only yaitu menjamin Total Loss Accident dan Total Loss Stolen. Kami dapat memberikan jaminan atas kerugian/kerusakan di mana biaya perbaikan ≥ 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum kerugian dan kehilangan akibat pencurian,” kata Rudy Chen, selaku CEO Asuransi Astra. 

Demikian tips yang dapat dilakukan agar mobil kesayangan Anda selalu aman di tengah masa PSBB. Dan semoga penyebaran virus Covid-19 ini dapat segera diatasi, sehingga kita semua dapat kembali menjalani aktivitas normal seperti sedia kala. [Ric/Idr]


Komentar