NGK Beri Tips Cara Pasang Busi yang Benar Share this
Tips
Mode baca

NGK Beri Tips Cara Pasang Busi yang Benar

Denny Basudewa
pada 10 April 2020

Foto: Busi NGK

JAKARTA – Busi merupakan komponen di mesin kendaraan yang memiliki fungsi penting. Memasang busi juga memerlukan teknik khusus agar tidak merusak komponen-komponen lainnya.

Benda kecil yang bernama busi memiliki tugas untuk membatu proses pembakaran di dalam mesin, hingga pada akhirnya menjadi daya untuk menggerakkan kendaraan. Pada beberapa kendaraan baik mobil maupun motor, memiliki cara tersendiri dalam hal pemasangan.

Cara memasang busi pada motor pada umumnya lebih mudah dibandingkan mobil. Berdasarkan posisinya yang lebih mudah dijangkau, membuka dan memasang kembali busi pada motor bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan di rumah. Meskipun adapula beberapa tipe motor yang posisi businya sulit seperti Moge (sepedamotor gede) misalnya.

Beruntungnya jika memiliki kendaraan yang dengan mudahnya untuk membuka busi dan memasangnya kembali. Karena dengan hal tersebut di atas, konsumen bisa melakukan perawatan kendaraan lebih jauh daripada sekedar mencuci dan memeriksa kondisi beberapa cairan di dalam kap mesin.

“Untuk mengecek kondisi busi memang harus dilihat kondisi fisiknya. Jika kondisinya belum rusak terlalu parah, busi masih bisa dibersihkan dengan menggunakan cairan penetran yang biasa digunakan untuk mebersihkan kampas rem. Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pemasangannya kembali harus presisi,” ucap Diko Oktaviano, Technical Support dan Product Spesialist NGK Busi Indonesia (10/04/2020).
Menurutnya pemasangan busi yang salah bisa menyebabkan drat atau alurnya rusak. Lebih jauh lagi dapat terbentur dengan piston saat mesin bekerja. Maka dari itu, pemasasangan busi pada mesin membutuhkan perhatian lebih agar tidak merugikan di kemudian hari.

“Memasang busi pada awalnya bisa dilakukan dengan menggunakan tangan hingga maksimal. Jika sudah tidak bisa diputar dengan tangan, lalu dilanjutkan menggunakan kunci busi dengan memutarnya 180 derajat dan ditambah lagi 45 derajat. Cara paling mudah dengan mengggunakan kunci torsi, namun tidak banyak orang yang punya alat ini,” jelasnya kemudian.

Ia juga menuturkan bahwa tata cara memasang busi pada NGK sudah tertera pada dus kemasan. Sehingga ini lebih memudahkan konsumen untuk melakukan perawatan di rumah apalagi di masa Work From Home (WFH) saat ini. [Dew/Idr]


Komentar