Mobil Listrik Volvo XC40 Diungkap Bulan Depan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Mobil Listrik Volvo XC40 Diungkap Bulan Depan

Helmi  Reinaldi
oleh Helmi Reinaldi
pada 27 September 2019

Foto: Volvo XC40

GOTEBORG – Volvo Cars memastikan akan menghadirkan seri XC40 dalam varian mobil listrik yang rencananya diperkenalkan pada bulan depan.

Volvo XC40 menjadi salah satu SUV tersukses dalam sejarah mereka. Tahun lalu, Volvo memang telah mengkonfirmasi rencana mereka untuk menghadirkan varian all-electric pada 2019. Namun tidak diketahui kapan tepatnya.

Pihak Volvo menuturkan, XC40 tidak hanya sekadar menawarkan beragam kelebihan yang dimiliki dari mobil listrik. Faktor keselamatan juga menjadi prioritas utama yang mereka berikan.

“XC40 akan sepenuhnya listrik akan menjadi salah satu mobil paling aman yang pernah kami buat,” ujar Malin Ekholm, Head of Safety di Volvo Cars.

Jaminan ini dibuktikan oleh Volvo Cars dengan mendesain ulang struktur rangka depan untuk menyiasati absennya mesin konvencional. Ini dilakukan guna memenuhi persyaratan keselamatan tinggi yang diterapkan Volvo.

Pabrikan mobil asal Swedia ini juga mengembangkan struktur keselamatan baru bagi penumpang dan baterai di XC40. Baterai akan dilindungi dengan frame khusus yang terbuat dari aluminium dan ditanam di tengah struktur rangka mobil.

Lokasi penempatan dari baterai tersebut juga memiliki manfaat untuk menurunkan pusat gravitasi mobil. Ini mengurangi kemungkinan terjadinya insiden mobil terguling.

Volvo juga memperkenalkan teknologi keselamatan baru yang diseut Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). ADAS merupakan sebuah platform sensor yang dikembangkan oleh Zenuity. Platform ADAS terdiri dari radar, kamera dan sensor ultrasonik.

Pihak Volvo Cars rencananya akan mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang XC40 beberapa bulan mendatang, sebelum ditampilkan ke hadapan publik pada 16 Oktober 2019.  [Hlm/Idr]


Komentar