Italia Masih Lockdown, Brembo Beli Saham Pirelli Share this
Berita Motor
Mode baca

Italia Masih Lockdown, Brembo Beli Saham Pirelli

Denny Basudewa
pada 07 April 2020

Foto: Brembo Brakes

CURNO – Brembo membeli sebagian kecil saham milik Pirelli dan berkembang rumor merger.

Semua penggemar mobil dan motor berperforma pasti tidak asing dengan brand Brembo dan Pirelli. Brembo populer sebagai produsen rem kendaraan kenamaan, begitupun Pirelli yang dikenal sebagai ban motor dan mobil yang performanya mengagumkan.

Kedua produsen kerap menjadi pilihan utama untuk membuat kendaraan semakin aman dan nyaman. Brembo mampu meningkatkan pengereman kendaraan secara maksimal, sementara Pirelli menawarkan ban dengan grip maksimal.

Sebuah kabar terbaru dari kedua perusahaan asal Italia tersebut adalah adanya aksi pembelian Pirelli oleh Brembo. Jumlah saham yang dibeli oleh Brembo memang tidak besar. Manufaktur rem mobil dan motor berkualitas tersebut membeli 2.43 persen saham Pirelli.

Meskipun terbilang kecil (jumlah saham yang dibeli), namun rumor mengenai kerja sama lebih jauh antara kedua brand berkembang pesat. Pirelli yang baru go public pada 2017, langkah yang dilakukan oleh Brembo cukup menghebohkan sekaligus membingungkan.

Menariknya pada 2019 silam, Matteo Tiraboschi selaku Executive Deputy Chairman Brembo pernah mengatakan, pihaknya hendak mengakuisisi sebuah perusahaan lain di sektor otomotif dalam jumlah yang signifikan.

Pembelian saham Pirelli yang dilakukan pada 31 Maret 2020, sehari kemudian Marco Tronchetti selaku CEO Pirelli, mengeluarkan pernyataan. Menurutnya tidak akan ada aksi merger ataupun akuisisi oleh Brembo pada proses pembelian saham.

“Sampai saat ini tidak ada rencana untuk merger dengan Brembo. Mereka melakukan investasi dan kami senang dengan hal itu. Saya tahu dengan apa yang dilakukan oleh Brembo. Saya tidak melihatnya sebagai musuh, mereka percaya pada kami,” ungkap Tronchetti. [Dew/Idr]


Komentar