Honda Patenkan Airbag untuk Pejalan Kaki Share this

Honda Patenkan Airbag untuk Pejalan Kaki

Denny Basudewa
pada 24 April 2020

Foto: Honda Airbag

TOKYO – Honda Motor Company mendaftarkan paten untuk pengembangan airbag di luar mobil.

Airbag tersebut nantinya bisa memberikan keselamatan bagi pejalan kaki maupun pengguna jalan lain misalnya pesedamotor, dan pesepeda. Seperti diketahui bahwa ketiga pengguna jalan tersebut merupakan korban yang rentan mengalami lusa fisik yang mematikan, saat terjadi kecelakaan.

Dalam sketsa gambar yang tersebar, airbag di luar kendaraan tersebut akan mengembang dengan cepat, saat akan terjadinya tumbukan. Sensor yang digunakan, harus mengukur jarak orang atau objek dengan kendaraan sebelum ditabrak mobil Honda.

Informasi yang disampaikan oleh sensor tersebut, dikatakan akan memberikan informasi kepada sistem untuk mengembangkan airbag di luar kendaraan dan dalam kendaraan. Informasi tersebut juga menentukan seberapa besar bukaan airbag eksternal mobil Honda.

Tidak dijelaskan secara rinci bagaimana teknis airbag eksternal ini memilih jenis objek. Teorinya perlindungan untuk orang dewasa dan anak kecil tentunya akan memiliki perbedaan.

Paten yang didaftarkan oleh Honda tidak hanya sebatas sensor dan airbag. Brand asal Jepang ini juga mendaftarkan paten mekanisme bagaimana Honda menyelamatkan objek (khususnya orang) dalam kecelakaan.

Perumpamaannya jika seseorang tertabrak mobil Honda, maka mereka tidak akan meluncur di atas atap mobil atau sebaliknya terlindas. Hal ini dikatakan berguna untuk mencegah korban tidak mengalami cedera lebih parah.

Meskipun dalam gambar paten yang didaftarkan korban adalah orang dewasa, namun pihak Honda menjelaskan bahwa sistem tersebut dapat melindungi pengendara sepedamotor, anjing besar maupun kecil, rusa dan anak-anak  di dalam stroller. [Dew/idr]


Komentar