All-new Suzuki Swift Sedan Diluncurkan di India

All-new Swift Sedan
All-new Swift Sedan

NEW DELHI – Maruti Suzuki meluncurkan all-new Suzuki Swift Sedan (Suzuki Dzire di India) dengan identitas baru.

Setelah dibuat penasaran dengan gambar-gambar sosok sedan terbaru dari Maruti Suzuki tersebut di laman resminya, akhirnya kini resmi dipasarkan di India. Generasi ketiga dari Dzire ini dikembangkan menggunakan platform Suzuki Heartect.

Adapun dengan menggunakan teknologi terbaru dari pabrikan berlambang S tersebut, sedan terbaru mereka diklaim memiliki bobot lebih ringan namun lebih kaku dari generasi sebelumnya. Hal ini tentunya memberikan handling lebih baik pada kendaraan.

All-new Suzuki Dzire 2017 secara dimensi masih tetap sama dengan pendahulunya, panjang mobil berjenis sedan empat pintu ini bahkan tidak mencapai 4 meter (3.995 m). Namun kendaraan ini lebih lebar 40 mm dan 40 lebih rendah 40 mm dari generasi sebelumnya.

Uniknya meskipun panjang keseluruhan mobil tidak berubah, sumbu roda justru menjadi melar 20 mm. Model ini ditawarkan dalam empat pilihan varian yakni LXi/LDi, VXi/VDi, Zxi/Zdi dan Zxi+/Zdi+. Keempat varian tersebut tersedia dua pilihan mesin yaitu bensin maupun diesel.

Pada mesin bensin, all-new Suzuki Dzire menggunakan jantung pacu empat-silinder berkapasitas 1.197cc. Sumber tenaga tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 81 hp pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Sedangkan untuk mesin diesel, all-new Suzuki Dzire menggendong sumber tenaga empat-silinder berkapasitas 1.248cc. Motor penggerak kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 73 hp pada 400 rpm dan torsi 190 Nm pada 2.000 rpm.

Dari segi fitur Maruti Suzuki menyatakan telah membenamkan lebih banyak fitur pada model terbarunya kali ini. All-new Suzuki Dzire telah menggunakan lampu depan proyektor LED, DRL dan sensor parkir, kamera parkir, sistem infotainment SmartPlay yang terkoneksi dengan navigasi dan Voice Command berbasis (Android Auto dan Apple CarPlay).

Mereka juga menambahkan tombot start/stop dengan smart key, automatic climate control, auto headlamps, ventilasi AC penumpang belakang, dan spion samping yang dapat dilipat secara elektronik.

Untuk segi keselamatan, all-new Suzuki Dzire telah dipersenjatai fitur seperti dual airbag, ABS, EBD berikut BA, Isofix dan pretensionerdi sabuk pengaman depan sebagai standar dari kendaraan. Produk terbaru Maruti Suzuki tersebut dipasarkan dengan harga mulai dari Rp 112 juta hingga Rp 194 juta di India. [Dew/Ikh]

Comments