Resmi, MotoGP Mugello dan Catalunya Ditunda Akibat Covid-19 Share this
MotoGP
Mode baca

Resmi, MotoGP Mugello dan Catalunya Ditunda Akibat Covid-19

Denny Basudewa
pada 08 April 2020

Foto: MotoGP

MUGELLO – Dorna telah memutuskan bahwa MotoGP Mugello (Italia) dan Catalunya (Spanyol), resmi ditunda untuk waktu yang belum ditentukan.

Pada 6 April 2020, Pemerintah Catalan mengumumkan seri MotoGP di sirkuit Barcelona, tidak akan digelar pada tanggal semestinya. Untuk diketahui, MotoGP Barcelona 2020 sejatinya dihelat pada 5 – 7 Juni. Dengan adanya keputusan tersebut, MotoGP memutuskan untuk menunda balapan di Mugello yang dijadwalkan sepekan sebelumnya yakni 29 – 31 Mei 2020.

Keputusan ini diambil karena pandemi global covid-19 yang semakin mengkhawatirkan semua orang. Virus ini menyebar luas dengan cepat dan negara-negara di Benua Eropa khususnya Italia dan Spanyol, terkena dampak yang sangat besar. Kedua negara dikabarkan akan mencari tanggal baru untuk bisa menggelar MotoGP pada tahun ini.

“Karena situasinya tetap dalam evolusi konstan, tanggal baru untuk Grand Prix dua negara yakni Italia dan Spanyol, mengikuti jejak Perancis yang sudah lebih dulu ditunda. Tidak bisa ditetapkan kapan tepatnya kami menetapkan tanggal pengganti. Kalender revisi akan diterbitkan segera setelah semua siap,” tulis penyataan MotoGP.

Dengan mundurnya jadwal MotoGP Italia dan Spanyol, maka seri pembuka kini bergantung pada Sachsenring (Jerman). MotoGP Jerman sedianya diselenggarakan pada 19 – 21 Juni 2020. Namun hal ini juga masih belum pasti, karena Jerman tercatat sebagai negara terdampak paling parah ketiga di luar China dengan 100 ribu kasus.

Carmelo Ezpeleta dalam kesempatan terpisah pernah mengatakan bahwa MotoGP 2020 bisa jadi hanya akan digelar sebanyak 10 seri saja. Dia mengatakan 15 seri MotoGP 2020 akan sangat sulit diwujudkan. [Dew/Idr]


Komentar